PENGARUH DISKON HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE DI KALANGAN MAHASISWA KAMPUS SWASTA UNISMA DAN UMM)

Erna Umi Fatmawati, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


Shopee adalah aplikasi marketplace online untuk jual beli di ponsel dengan mudah dan cepat. Shopee menawarkan berbagai macam produk-produk mulai dari produk fashion sampai dengan produk untuk kebutuhan sehari-hari. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan belanja online tanpa harus membuka website melalui perangkat komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Diskon Harga dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner.  Jumlah sampel sebanyak 96 responden menggunakan SPSS Statistic V.20. Berdasarkan hasil Uji Parsial menunjukkan bahwa variabel Diskon Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Pembelian Impulsif dan variabel Kualitas Produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Pembelian Impulsif. Berdasarkan Uji Simultan variabel Diskon Harga dan Kualitas Produk berpengaruh bersama-sama secara positif dan signifikan terhadap variabel Pembelian Impulsif.


Kata Kunci


Diskon Harga, Kualitas Produk dan Pembelian Impulsif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akdon, dan Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung:

Aqida (2021), Perbandingan antara Tokopedia vs Shopee, https://www.kompasiana.com/latihidofficial/604095868ede481d4a 4973c2/tokopedia-vs-shopee-pilih-yangmana?page=3&page_images=1 (diakses pada tanggal 13 November 2021)

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran (12 ed.). Erlangga.

Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.

McCarthy, J., Perreault, W.D, dan Cannon, J.P. 2009. Pemasaran Dasar. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen. PT Ghalia Indonesia.

Sumarwan, U., Jauzi, A., Mulyana, A., Karno, B. N., Mawardi, P. K., & Nugroho, W. 2019. Riset Pemasaran dan Konsumen. PT Penerbit IPB Press.

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik. Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.