ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PERIKLANAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI ERA PANDEMI ( STUDI KASUS PADA UMKM MIE AMBYAR KABUPATEN NGANJUK )

Siti Imro'atus Sholekhah, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Niken Hardati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi periklanan digital dalam meningkatkan volume penjualan di era pandemi di UMKM Mie Ambyar Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik penggalian data berupa wawancara tidak terstruktur, pengamatan, dan dokumentasi yang diambil dalam bentuk audio maupun foto. Lokasi penelitian ini dilakukan di Jl. Raya Pace, Cangkring, Pacekulon, Pace, Nganjuk, Jawa timur. Dalam penelitian proses pengumpulan data ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sedangkan keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Mie Ambyar Kabupaten Nganjuk telah menerapkan strategi periklanan yang cukup baik, tetapi masih belum semua strategi periklanan digital di terapkan. Dan untuk sosial media yang aktif hanya Facebook dan WhatsApp, untuk Instagram belum begitu aktif. Untuk capaian volume penjualan sudah bisa dikatakan sesuai dengan target karena target omset penjualan dan laba yang ditargetkan sudah tercapai. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Enterprise, Jubilee. 2016. Langkah Pertama Jadi Pengusaha UMKM [Internet].

Avaible From: https://books.google.co.id/books?id=_qEsDQAAQBAJ&pg=PA96&dq=penjualan+merupakan.+enterprise+2016&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj-5beFjr3pAhXOQ30KHaczDWAQ6AEIKDAA#v=onepage&q=penjualan%20merupakan.%20enterprise%202016&f=false

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta,

Bumi Aksara.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta, Penamedia Group.

McStay, Andrew. 2016. Digital Advertising, Second Edition. London: PALGRAVE

Moleong. J & Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung,

PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya, Edisi Kelima. Yogyakarta, Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan Ykpn.

Purwanto, Antonius. 2021. Ekonomi Dunia pada Masa Pandemi Covid-19: dari

Dampak hingga Proyeksi pertumbuhan 2021-2022. Avaible From:

https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-dunia-di-masa-pandemi-covid-19-dari-dampak-hingga-proyeksi-pertumbuhan-2021-2022

Purwanto, Erwan Agus & Sulistyastuti, Dyah. 2017. Metode Penlitian Kuantitatif

untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava

media.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Jakarta, Framedia Pustaka Utama.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung,

ALFABETA.

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen Di Era

Internet. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Suyanto, M. (2007) Marketing Strategy Top Brand Indonesia [Internet], Avaiable From:

https://books.google.co.id/books?id=lBnV0DKk_gYC&printsec=fro ntcover&dq=pengertian+penjualan+menurut+para+ahli&hl=id&sa=X

&ved=0ahUKEwjs5_jFkI_lAhVV6XMBHYx1C_QQ6AEIKDAA#v=onepage &q&f=false

Swasha, Basu & Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta,

Liberty.

Tjiptono, Fandi. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyajarta, Andi.

Tjiptono, Fandi. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta, Andi


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.