PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI SAHAM (STUDI PADA ANGGOTA TOMKET LOVERS)

Krishna Prayudi, Rini Rahayu Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


Investasi adalah penanaman asset atau dana yang dilakukan oleh perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh keuntungan lebih dimasa mendatang. Saat ini syarat dalam membuka akun investasi di pasar modal cukup mudah, diharapkan mampu memberikan motivasi bagi masyarakat untuk berinvestasi. Pengetahuan investasi merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki sebelum melakukan investasi. Seseorang dikatakan minat terhadap investasi apabila mereka dapat menyukai dan memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan investasi dengan rasa senang. Pasar modal menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen keuangan seperti saham, obligasi, reksadana, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan investasi dan persepsi risiko secara parsial terhadap minat investasi saham pada anggota tomket lovers. (2) Mengetahui Pengaruh pengetahuan investasi dan persepsi risiko secara simultan terhadap minat investasi saham pada anggota tomket lovers. (3) Mengetahui manakah yang memiiki pengaruh dominan antara variabel pengetahuan investasi dan persepsi risiko terhadap minat investasi saham.

Desain penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Anggota Tomket Lovers. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 Orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai sig persepsi risiko sebesar 0,001 > 0,05 (persepsi risiko secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat investasi saham). (2) Nilai sig pengetahuan sebesar 0,298 > 0,05 (pengetahuan investasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi saham), (3) Sig F hitung 0,000 < 0,05 (pengetahuan investasi dan persepsi risiko secara simultan berpengaruh terhadap minat berinvestasi saham pada anggota tomket lovers). (4) variabel X2 (Persepsi Risiko) memiliki pengaruh lebih dominan dibandingkan dengan variabel lain.


Kata Kunci


Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko dan Minat Investasi Saham

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Kamarudin. (2003). Dasar-dasar Manajemen Investasi. Jakarta: Rineka

Cipta

Algifari , 2003.”Analisis Regresi teori, kasus, dan solusi”. BPFE. Yogyakarta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Bungin, B, 2017, Penelitian Kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya, kencana.

Cimbniaga, (2020) Pahami Jenis-jenis Investasi Agar Anda Tak Terjebak [internet] 5 juli Available form: www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/ [Accessed 5 mei 2021]

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Firmansyah, M. Anang. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2018

Halim, Abdul (2011), Analisis Investasi. Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat

Hanim dan Raginum, (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Daerah, Volume 14 No. 3, September 2010.

Herlianto (2013), Manajemen Investasi plus Jurus Mendeteksi Investasi Bodong Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Hidayat, Agung (2018) Riset Inside ID: Orang Indonesia lebih suka investasi emas ketimbang saham. Diakses pada 10 april 2021 [internet] dari https://investasi.kontan.co.id/news/

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses pada 5 april 2021, [internet] dari

Noor (2008), Investasi : Pengelolaan Keuangan Bisnis dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Jakarta : PT.Indeks.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Schiffman, Leon, Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Consumer Behaviour, 7th Edition (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks.

Slameto (2015), Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta, CV


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.