PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI KEGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET BANKING (Pengguna Internet Banking Nasabah Bank BRI Unit Kerja-BRI KCP Gentengkali Jalan Gentengbesar No 26 Kecamatan Genteng Kota Surabaya)

WILDA ASOFTA, Rini Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking (Pengguna Internet Banking Masyarakat Surabaya). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling aksidental. Sampling  insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/ insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel penggunan secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001˂0,05. Variabel persepsi kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable penggunaan secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,018˂0,05. Variabel persepsi kemudahan, persepsi kegunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variable penggunaan secara simultan dibuktikan dengan nilai Fhitung ˃ Ftable (91,293 ˃0,1984).


Kata Kunci


Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Penggunaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9. Semarang: UNDIP.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana

Nugroho, Eko. 2008. Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mandiri Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan. Vol. 4, No 6.

Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi. 1989. Metode Penelitian Survei. LP3ES

Pardede, Ratlan dan Reinhard Manurung. 2014. Analisis Jalur Path Analysis: Teori dan Aplikasi dalam Riset Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiarto. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2008). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Egan dan prawoto (2013). teknologi finansial berbasis teknologi di era digital. penerbit Yayasan kita menulis


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.