PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, DAN PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN PEMBIAYAAN SEPEDA MOTOR BARU MEREK HONDA PT. FIFGROUP CABANG KOTA BATU)

Erika Viola, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


PT. FIFGROUP adalah anak perusahaan PT. Astra International Tbk yang didirikan pada tanggal 1 Mei 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor Budaya, Sosial, dan Pribadi terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner offline, observasi, dan dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 100 serta menggunakan metode non probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel Faktor Budaya, Sosial, dan Pribadi terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan secara parsial terdapat pengaruh antara variabel Faktor Budaya terhadap Keputusan Pembelian, terdapat pengaruh antara variabel Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian, serta terdapat pengaruh antara variabel Faktor Pribadi terhadap Keputusan Pembelian.


Kata Kunci


Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2019). Dipetik Oktober 2021, dari www.bps.go.id

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 2019. Edisi Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Jakarta: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2014). Marketing Management. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Mustari. (2019). Manajemen Pemasaran (Teori dan Kasus Perusahaan Jasa) [iPusnas], Gowa, Pustaka Taman Ilmu. Diakses dari:

Aplikasi iPusnas [Diakses pada 5 November 2021].

Setiadi, N.J. (2010). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group (Divisi Kencana)

Setiadi, N.J. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen [Internet], Jakarta: Prenada Media Group. Diakses dari: Google Book https://books.google.co.id [Diakses pada 27 Oktober 2021].

Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabet.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabet.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.