IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING UNTUK MEMINIMALISIR RISIKO KREDIT PADA JASA KEUANGAN (STUDI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM BERKAH SESAMA JATIM)

Amalia Meirinda, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati

Sari


Koperasi Simpan Pinjam Berkah Sesama Jatim merupakan salah satu koperasi yang memiliki usaha simpan pinjam yang sudah dipercaya dan pelayanannya dinilai baik di lingkungan masyarakat Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi digital marketing, Strategi Bisnis dalam memasarkan produk, Strategi dalam meminimalisir risiko kredit, dan Strategi dalam meminimalisir risiko kredit melalui digital marketing. Jenis penelitian ini menggunakan metodekualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawacara semi terstruktur, dan dokumentasi diambil dalam bentuk foto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat upaya yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam Berkah Sesama Jatim dalam mengimplementasikan digital marketing untuk menjangkau market yang luas dan meminimalisir risiko kredit serta meningkatkan kredit secara efektif.


Kata Kunci


Implementasi Digital Marketing, Risiko Kredit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arthesa, Ade dan Handiman, Edia. (2006). Bank dan Lembaga Keuangan bukan Bank. Jakarta, INDEKS.

Biro Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika. (2017). GO DIGITAL! Gerakan Nasional UMKM Go Online. (Online),

AvaibleFrom: https://kominfo.go.id/content/detail/11346/siaran-pers-no-216hmkominfo112017-tentang-go-digital-gerakan-nasional-umkm-go-online/0/siaran_pers [diakses pada 28 November 2020].

Chakti, Gunawan. (2019). The Book of Digital Marketing. Makassar, CELEBES MEDIA PERKASA.

Hendrojogi. (2012). Koperasi Asas-Asas, Teori dan praktik. Jakarta, PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.

Ikatan Bankir Indonesia. (2015). Manajemen Risiko 1. Jakarta, GRAMEDIA.

Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan, Edisi Revisi. Jakarta, RAJA GRAFINDO PERSADA.

Kotler, Philip. (2006). Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi Ke Sebelas. Jakarta, P.T INDEKS GRAMEDIA.

Maralis, Reni & Triyono, Aris. (2019). Manajemen Risiko. Yogyakarta, DEEPUBLISH

Miles, M.B & Huberman A.M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. (1992). Jakarta, UNIVERSITAS INDONESIA

Muljono, Ryan Kristo. (2018). Digital Marketing Concept. Jakarta, GRAMEDIA PUSTAKA UMUM.

Mulyadi, Dedi. (2016). Analisis Manajemen Kredit Dalam Upaya Meminimalkan Kredit Bermasalah (Studi Pada PT. BPR Pantura Abadi Karawang), (Online), Avaible From: (http://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/71/70), [diakses 27 Desember 2020].

Rahman, Hasanuddin. (2000). Kebijakan Kredit Perbankan Yang Berwawasan Lingkungan. Bandung, CITRA ADITYA BAKTI.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, ALFABETA.

Usman, Nurdin. (2004). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta, GRASINDO.

We are social. (2020). Digital 2020 Global Digital Overview. (Online), Avaible From: https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media [diakses pada 28 November 2020].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.