ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI PADA PT BUKIT ASAM TBK YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA)

Femmy Lukitasari, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


Kinerja keuangan perusahaan bisa dilihat, dievaluasi dan diteliti melalui laporan keuangan yang didalamnya menggunakan perhitungan rasio. Subyek dalam penelitian ini adalah PT Bukit Asam Tbk. Objek penelitiannya adalah menganalisa laporan keuangan perusahaan periode 2018-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis rasio yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan rasio provitabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kinerja keuangan yang berbeda-beda untuk rasio likuiditas dan rasio provitabilitas dalam keadaan sangat baik, rasio solvabiltas dengan keadaan baik, sedangkan rasio aktivitas dalam keadaan kurang baik.

Kata kunci: laporan keuangan, rasio keuangan, dan kinerja perusahaan


Kata Kunci


aporan keuangan, rasio keuangan, dan kinerja perusahaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, S. A. (2018). Analisis Kinerja Keuangan pada Perusahaan PT Surya Puzulindo Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Darmawan. (2020). Dasar-Dasar Memahami Rasio & Laporan Keuangan. Yogyakarta: UNY Press.

Fitri, E. Y. (2019). Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Kokoh Inti Arebama Tbk. Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Indonesia, I. A. (2019). Modul Level Dasar (CAFB) Akuntansi Keuangan. Jakarta Pusat: Ikatan Akuntan Indonesia.

Jusup, A. H. (2012). Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, D. K., & Lestari, P. V. (2011). Rasio Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan pada KPN "Dharma Wiguna" Denpasar. 279.

Laili, R. N. (2019). Analisis Laporan Keuangan untuk Mengukur Kinerja Keuangan pada PT Pelabuhan Indonesia (PERSERO). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Lutfi, D. A. (2013). Manfaat Analisis Rasio Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan pada Kelompok Industri Logam Mineral Lainnya. Bandung: Universitas Widyatama.

Munawir. (2010). Analisis Laporan Keuangan . Yogyakarta.

Nugroho, A. S. (2018). Likuiditas Solvabiltas dan Provitabilitas untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan PT Alis Jaya Ciptatama Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifama Publishing.

Ristardi, M. (2008). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Perusahaan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Ruwaida, F. (2011). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Tingkat Kesehatan Keuangan pada PD BPR Bank Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Santoso, M. R. (2014). Analisis Laporan Keuangan dan SPT. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pajak.

Satria, D. I. (2016). Modul Akuntansi Keuangan Lanjutan 2. Aceh: Universitas Malikusseh.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, S. (2018). Analisis Lapoan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.