PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP KEUNTUNGAN SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020)

Mohammad Ali Mahsusin, Sri Nuringwahyu, Daris Zunaida

Sari


Perusahaan LQ45 merupakan saham-saham tertinggi dari 45 perusahaan. Indeks harga saham kelompok LQ45 merupakan salah satu dari 5 indeks sektoral BEI yang mempunyai tingkat harga saham yang cukup baik selain pertanian, pertambangan, aneka industri dan industri dasar. Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh PER, EPS, ROE, PBV, dan DER terhadap keuntungan saham. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial PER, EPS, PBV, dan DER tidak  berpengaruh terhadap keuntungan saham sedangkan ROE berpengaruh signifikan terhadap keuntungan saham. Secara simultan PER, EPS, ROE, PBV, dan DER tidak berpengaruh terhadap keuntungan saham.

Kata Kunci


PER, EPS, ROE, PBV, DER, keuntungan saham

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ang, R. (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft.

Brigham, E. F., & Joel F. H. (2009). Fundamentals of Financial Management.12 Edition. Mason: South-Westtern Cengage Learning.

Darmadji & Fakhruddin. (2011) Pasar Modal di Indonesia, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji & Fakhruddin. (2005) Pasar Modal di Indonesia, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, P., & Suaryana. (2013). Pengaruh EPS, DER, dan PBV Terhadap Harga Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 4 (1), 215-229.

Husnan (2004). The Impact of Devidend Policy on Share Price Volatility in the Malaysian Stock Market. Journal of Business Studies Quarterly. 4 (1), 111-

Hidayat, A. A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknis Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika

Iskandar, Z. A.. (2008). Pasar Modal Teori dan Aplikasi. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah.

Jogiyanto. (2000). Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.

Saputra, P. (2015). Pengaruh PER EPS ROA dan DER Terhadap Harga Saham LQ-45 dI Bursa Efek Indonesia. E-Journal Administrasi Bisnis. 3 (3), 40-54. .

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistyastuti & Dyah R. (2005). Saham dan Obligasi. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.