ANALISIS PENGARUH SIKAP GENERASI MILENIAL TERHADAP MINAT BELI ONLINE (STUDI KASUS PADA MARKETPLACE FACEBOOK)

sandra putra, Sri Nuringwahyu, Daris Zunaida

Sari


Penelitian ini akan dilakukan di Marketplace Facebook yang berada di Kota Tambolaka.  masifitas perkembangan internet dan maraknya pengunaan sosial media, berdampak pada meningkatnya minat beli online. Hal ini dikarenakan banyak pelaku bisnis mulai beralih menggunakan teknologi dan media digital sebagai alat pemasaran mereka. Penggunaan media digital ini memiliki keuntungan karena batas pasar yang luas. Hal ini terlihat dari tingginya angka jual beli online yang dilakukan di media sosial Facebook, dimana di Kota Tambolaka , peminat jual beli online melalui media sosial facebook semakin marak. Peminat jual beli online ini cenderung di dominasi oleh generasi milenial aalah generasi yang melek internet dan rata-rata lebih nyaman bertransaksi melalui media digital

 


Kata Kunci


Kata kunci:Kognasi,Afeksi,Konasi dan AIDA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). 2016. SURVEI APJII : Penetrasi Internet di Indonesia Capai 143 Juta Jiwa.

Ali, H. (2016, Desember 30). Generasi Miillennial Indonesia: Tantangan dan Peluang Pemuda Indonesia. Retrieved Desember 30, 2016, from Alvara Research Center: https://Alvara-Strategic.com/Generasi-Millennial- Indonesia Tantangan-dan-Peluang-Pemuda-Indonesia/

Andre Gustnest Binalay, Silvya L. Mandey, Christoffel M. O. Mintadirjo (2016) Pengaruh Sikap, Norma subjektifDan Motivasi Terhadap Minat Beli Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Al-Debei et al (2014)Consumer Attitudes Towards Online Shopping : The Effects Of Trust, Perceived Benefits And Perceived Web Quality, Journal Internet Research Emerald Group Publishing Limited, 25 (5), 707733.

Azwar S, (2005) Sikap Manusia :Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Fishbein dan Ajzen (2005

Ali dan Purwandi (2017). Millenial Nusantara. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Agung, Iskandar . 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Budiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian.Cetakan 4 Edisi 2.Surakarta: UNS Press

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta :Erlangga.

Engel, James F. Roger D. Blackwell dan Paul W Miniard, 2006, Perilaku Konsumen, (Alih Bahasa Bidi Janto), Jilid II, Edisi Keenam, Binarupa Aksara, Jakrta Barat.

Graham, C. R., Cox, S., & Velasquez, A. (2009). Teaching and Measuring TPACK Development in Two Preservice Teacher Preparation Programs. Dalam Proceedings of Society for Information Technology Teacher Education International Conference [Online], hlm.4081- 4086.

Hasbullah, N.A., Osman, A., Abdullah, S., Salahuddin, S.N., Ramlee, N.F., & Soha, H.M (2016), The Relationship of Attitude, Subjective Norm and Website Usability on Consumer Intention to Purchase Online: An Evidence of Malaysian Youth, Journal Procedia Economics and Finance, 35, 493-502.

Idris & Arif, (2017) Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Kepemilikan Kartu Kredit. Universitas Mercu Buana JakartaMowen dan Minor (2002). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Memilih Bank Syariah.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidvegi, A., & Erdos, K.A. (2016). Assesing the Online Purchasing Decisions of Generation Z, Proceedings of FIKUSZ ’16 Symposium for Young Researches, Paper of Conference Procedings Compilation.

Haekal&Widjajanta, (2016). Haekal, A., Widjajanta, B. (2016), Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Online Pada Pengunjung Website Classifields di Indonesia, Journal of Business Management and Enterpreneurship Education, 1 (1), 181-193.

Hidvegi&Erdos, (2016). Assesing the Online Purchasing Decisions of Generation Z, Proceedings of FIKUSZ ’16 Symposium for Young Researches, Paper of Conference Procedings Compilation.

Kotler dan Amstrong (2001:439)Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta : Prenhallido.

Tjiptono dan Chandra (2009), Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi Offset.

Kinasih, B.S., & Albari. (2012) , Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi Terhadap Kepuasaan dan Kepercayaan Konsumen Online, Jurnal Siasat Bisnis , 16 (1), 25-38.

Liu, M.T., Brock, J.L., Shi, G.C., Chu, R., & Tseng, T.H. (2013) ,Perceived Benefits, Perceived Risk And Trust : Influences On Consumers Group Buying Behaviour, Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 25 (2), 225-248.

Martin Fishbein dan Icek Ajwen (2005) Pengaruh Sikap Terhadap Perilaku (The Handbook OfAttutudes. Penerbit Mahwa NJ: Lawrence Erlbaum Associates

Rosian Anwar dan Wijaya Adidarma(2016) Pengaruh Kepercayaan dan Resiko pada Minat Beli Belanja Online. Universitas Sriwijaya Indralaya

San, L.Y., Omar, A., & Thurasamy, R. (2015). Online Purchase : A Study Of Generation Y in Malaysia. International Journal of Business and Management.

Ardik Praharjo (2019). Perilaku Pembelian Online Generasi Milenial Indonesia. Universitas Muhammadiyah Malang

Putro, H.B.,& Haryanto, B. (2015), Factors Affecting Purchase Intention of Online Shopping in Zalora Indonesia, British Journal of Economics Management & Trade. Vol 9 (1), 1-12.

Shanaz (2016) Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online, Management Analysis Journal, 2252-6552.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet,CV. https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi.

Tjiptono & Chandra "Service, Quality and Satisfaction" edis 3 tahun 2011 hal 180 Kotler Dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Wagiran, Mukh Doyin. 2005. Curah Gagasan: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Rumah Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.