PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UMKM DONAT KENTANG BY PAPADONAT DAU DI E-MARKETPLACE SHOPEEFOOD

Gita Sinta Yulidina, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardanti

Sari


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh e-service quality dan brand image terhadap kepuasan pelanggan UMKM Donat Kentang by Papadonat Dau di e-marketplace shopeefood. Penelitian dilakukan sebanyak 101 sampel pelanggan yang melakukan pembelian dua kali atau lebih di e-marketplace shopeefood. Penelitian ini jenis kuantitatif asosiatif serta teknik analisis data linier berganda menggunakan program IBM SPSS 20. Penelitian ini menemukan bahwa variabel e-service quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dengan signifikan 0,000 > 0,050 diperoleh t hitung 4,046 > 1,660 t tabel, variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dengan signifikan 0,010 > 0,050 di peroleh t hitung 2,615 > 1,660 t tabel. Dan variabel  e-service quality dan brand image perngaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dengan signifikan 0,000 > 0,050 diperoleh F hitung 28,949 > 3,940 F tabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa dua variabel independen secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 


Kata Kunci


E-Service Quality, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aptika, Semual A. 2021. Warganet Meningkat Indonesia Perlu Tingkatan Nilai Budaya di Internert: Https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/warganet-meningat-indonesia-perlu-tingkatkan-nilai-budaya-di-internet/.

Bayu, Jarot Dimas. 2021. Indonesia Didominasi Milenial dan Generasi Z. Https://katadata.co.id/amp/ariayudhistira/infogafik/6014cb89a6eb7/indonesia-didominasi-milenial-generasi-z/.

Fandy, Tjiptono, (2011). Pemasaran Jasa. Cv. Bayumedia. Malang

Freddy, Rangkuti. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis. Edisi Pertama. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit. Universitas Dipenogoro.

Herdianti, 2017.(dalam Sugiyono 2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta

Hasan. M. I (2009). Analisis Data dengan Penelitian Statistik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Indasari, Meithiana. 2019.Pemasaran dan kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Jayani, Hadya Dwi .2021. Persaingan Bisnis Pesan Makanan Semakin Sengit. :Https://katadata.co.id/amp/ariayudhistira/infografik/600a4fc71b528/persaingan-bisnis-pesan-makanan-semakin-sengit/

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller,(2016).Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Kotler, Philip dan Armstrong. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid I Jakrta: PT Indeks.

Lupiyoadi, R dan A. Hamdani. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua.Jakarta:Penerbit Salemba Empat.

Riadi dan Edi. 2016. Statistika Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS. Edisi 1. Yogyakarta:Andi Sari Elisa Valenta.

Roslina. 2010. Citra Merek. Deminsi Proses Pengembangan Serta pengukuran. Dalam Buku Indasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Bisnis.Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Cetakan Bandung : Alfabeta

Trustorini, Handayani 2013. Analisis Kewirausahan dengan Keberhasilan Usaha. Ragam Kajian Science. Vol. Hal 84. ISBN : 978-602-95630-4-7

Tjiptono, Fandy 2005. Manajemen Jasa. Yogyakarta:Andi

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pusaka

Zeithaml,V. A., Bitner, M. J. and Gremler, D. D. 2009. Services Marketing :Integrating Customer Focus Across The Firm, 5th edition New York: Mc Graw-Hill


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.