PENGARUH PENGGUNAAN E-REG, E-BILLING, E-FILLING, DAN E-FAKTUR TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI PADA WAJIB PAJAK YANG TERDAFTAR DI KANTOR PELAYANAN PENYULUHAN DAN KONSULTASI PERPAJAKAN KABUPATEN NGANJUK)

Amalia Riska, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-registration, e-billing, e-filing, dan e-faktur terhadap Kepatuhan Waji Pajak, menggunakan metode dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner Wajib Pajak. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 92 responden. Model regresi yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya hanya 2 variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu e-registration dan e-faktur, sedangkan variabel e-billing dan juga e-filing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.


Kata Kunci


¬e-registration, e-billing, e-filling, e-faktur, dan Kepatuhan Wajib Pajak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Rahman. (2010). Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis dan Perusahaan. Bandung: Nuasa.

Ambarwati. (2018). KEPATUHAN PAJAK BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KABUPATEN NGANJUK. AKUNTANSI DEWANTARA VOL.2 NO.1, 2.

Diana Sari. (2013). Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Direktorat Jendral Pajak. (2020, Desember 9). Pendaftaran Registration online (e-registration) . Diambil kembali dari https://www.pajak.go.id/id/artikel/cara-mudah-daftar-npwp-orang-pribadi.

Direktorat Jendral Pajak. (2020, Desember 5). Tata cara melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-filing. Diambil kembali dari https://www.pajak.go.id/id/pelaporan-spt-tahunan-melalui-e-filing.

Direktorat Jendral Pajak PER-16/PJ/2014 . (2021, Januari 9). Pasal 1 ayat (1) Tata Cara Pembuatan dan Pelaporan Faktur Pajak Berbentuk Elektronik. Diambil kembali dari https://pajak.go.id/id/peraturan-direktur-jenderal-pajak-nomor-16pj2014.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi.

Marliana, R. (2015). Wajib Pajak Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan ( Spt ) Tahunan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama, . 99–115.

Pratami, Luh Putu Kania Asri Wahyuni, Ni Luh Gede Erni Sulindawati, dan Made Arie Wahyuni. (2017). "Pengaruh Penerapan E-System perpajakan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singaraja. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), Undiksha 7.1.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. . Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, M., Nurlaela, S., & Chomsatu, Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Sistem Administrasi E-Registration, E-Billing, E-Spt, Dan E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta). Dalam Prosiding Seminar Nasional & Internasional, Vol.1 No.1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.