PERSEPSI KONSUMEN TENTANG LABELISASI BPOM PADA PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK IMPOR (STUDI PADA MAHASISWI YANG MEMBELI PRODUK KOSMETIK IMPOR DI AKUN SHOPEE BEAUTYLOVERS_SKA DI KOTA NAMLEA)

Rohmatul Hidayah, Sri Nuringwahyu, Daris Zunaida

Sari


Labelisasi BPOM merupakan pencantuman tulisan atau pernyataan BPOM pada kemasan untuk menunjukkan bahwa produk yang dimaksud berstatus sebagai produk BPOM. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui persepsi konsumen tentang labelisasi BPOM pada produk kosmetik impor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswi di Kota Namlea dapat memahami produk kosmetik impor yang berlabel BPOM maupun tidak berlabel. Dari hasil pnenelitian juga menyatakan bahwa sebagian mahasiswi tidak menjadikan label BPOM sebagai patokan untuk menggunakan kosmetik. Dalam memilih sebuah produk kosmetik impor mahasiswi dipengaruhi dari pengalaman diri sendiri, kebutuhan dan lingkungan. hal ini termasuk tiga indikator yaitu seleksi, organisasi dan interpretasi.


Kata Kunci


Persepsi, Labelisasi BPOM, Produk Kosmetik Impor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin Burhan. (2010). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Eko Sugiarto. (2015). Penyusunan Proposal Penelitan Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media

Gulo, W. (2000). Metode Penelitian. Jakarta: PT Grasindo Anggota IKAPI.

Kotler, P., & Gray, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2008). Manajemen Pemasaran, Ed. 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Muflih, M. (2006). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam ed. 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasution. (2008). Perencanaan dan Pengendalian Produk. Yogyakarta: Pustaka Prlajar.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Usman, Husaini dan Setiady, Purnomo. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara,

https://burukab.bps.go.id


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.