ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI PADA PENURUNAN OMZET TIAP BULAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN WA-Q DI KOTA MALANG)

Herlinda Dwijayanti, Sri Nuringwahyu, Ratna Nikin Hardati

Sari


Pendekatan kualitatif digunakan dalam proses penggalian data dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik penggalian data berupa wawancara tidak terstruktur, pengamatan, dan dokumentasi yang diambil dalam bentuk audio maupun foto. Lokasi penelitian ini dilakukan di JL. Soekarno-Hatta Kav II No 1, Mojolangu, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur. Dalam penelitian proses pengumpulan data ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sedangkan keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan lokasi pada penurunan omzet di Rumah Makan WA-Q.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi penyebab penurunan omzet di Rumah Makan WA-Q di karenakan kurangnya kepuasan dari konsumen yang meliputi : (1) Kualitas pelayanan yang terdiri dari : Suasana lingkungan yang kurang nyaman, pelayanan yang kurang ramah, dan pelayanan yang kurang prima. (2) Kualitas produk yang terdiri dari : tampilan produk yang kurang menarik, konsep produk yang kurang menarik, dan beberapa produk yang masih belum berkualitas seperti daging yang terlalu berlemak. (3) Lokasi, yang menyebabkan konsumen tidak puas karena kurangnya menjaga kebersihan.


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Omzet Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adam, M. (2015). Manajemen Pemesaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Azizi, R. S. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher.

Bahri. (2019). Modul Pengantar Kewirausahaan. Pasuruan: CV Qiara Media.

Charies W Lamb Jr, J. F. (2001). Pemasaran Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Dameria, I. (2016). Loyalitas konsumen dalam meningkatkan omzet penjualan pada gerai indomaret di Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning and Strategy). Pasuruan : Qiara Media.

Irawan, B. S. (1985). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Khuriyati, T. (2013). Faktor-faktor penyebab penurunan omzet penjualan pada industri kerajinan monel di Desa Kriyan Kabupaten Jepara.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran (edisi bhs.indonesia). Surakarta: PT.Pabelan.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Prenhallindo .

Latief, R. (2018). Word of Mouth Communication Penjualan Produk. Surabaya: Media Sahabat Cendakia.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, M. (2005). Pengantar Pemasaran Modern . Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muttaqin, I. B. (2019). Model HSQ-Metrix untuk Pengukuran Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Rs di Banda Aceh . Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.

Nitisemito, A. S. (2008). Manajemen Personalia Edisi Kedua . Jakarta: Ghalia Indonesia .

Olson, P. J. (2000). Consumer Behavior; Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 1 Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. (2006). Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN -JP. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Royan, F. M. (2007). Smart Launching New Product Strategi Jitu Memasarkan Produk Baru Agar Meledak di Pasar. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Rusma Rizal, R. H. (2017). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Omzet Penjualan pada PT. Gaudi Dwi Laras Cabang Palembang.

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sopiah, S. d. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian . Yogyakarta : Andi Offset.

Sudarso, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: Dee Publish.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. (2018). Konsep Harga dalam Ekonomi Islam. Bogor: Guepedia.

Tangkilisan, H. N. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tjiptono, F. (2005). Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Tohar, M. (2000). Membuka Usaha Kecil. Yogyakarta: Kanisius.

Ulfiani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Rumah makan Ayam Nelongso Cabang Soekarno-Hatta No 37 Malang).

Wijaya, C. V. (2017). Pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Depot Madiun Khas Bu Rudy.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.