PENGARUH PENEMPATAN PRODUK DI KASIR DAN SALES PERSON TERHADAP IMPULSE BUYING (STUDI PADA KONSUMEN ALFAMART Jl. TLOGOMAS III LOWOKWARU MALANG)

Lailiyatul Muafiyah, Sri Nuringwahyu, Ratna Nikin Hardati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan produk di kasir dan sales person terhadap impulse buying”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah pemilihan anggota sampel yang didasarkan atas tujuan dan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan SPSS versi 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penempatan produk di kasir berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel impulse buying secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000˂0,05. Variabel sales person berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel impulse buying secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000˂0,05. Variabel penempatan produk di kasir, sales person berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel impulse buying secara simultan dibuktikan dengan nilai Fhitung ˃ Ftable (51,76 ˃ 2,70).

 


Kata Kunci


Penempatan Produk di Kasir, Sales Person, Impulse Buying.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pitana, I Gede dan Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: CV Andi Offset

Chen, Ching-Fu and Dung-Chun Tsai. 2007. How Destination Image and Evaluative Factors Affect Behavioral Intentions? Journal of Tourism Management, 28, 1115-1122

Kabar Jawa Timur.com. 2020. Wisata Setigi Raih Penghargaan Indonesian The Most Potential Destination Award 2020. [Internet], 17 Desember 2020. Available from: [Accessed 17 Desember 2020, Pukul 21.05 WIB]

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran (Edisi Tiga). Yogyakarta: Andi.

Hening-Thurau, T. Kevin P, Gwinner, GianFranco Walsh, and Swayne D. Gremler. 2004. Electronic Word Of Mouth Via Consumer Opinion Platfroms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet. Journal of interactive Marketing. Vol. 38, No. 52.

Sangadji, E. M., Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV, Andi Offset

Kotler, P.dan Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.

Yoeti, Oka. 2003. Tours and Travel Marketing. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Gruen T.W, dkk (2006). e-WOM: The Impact Of Customer-To-Customer Online Know-How Exchange On Customer Value And Loyalty, Journal of Business Research,59(4),449-456

Hening-Thurau, T. Kevin P, Gwinner, GianFranco Walsh, and Swayne D. Gremler. 2004. Electronic Word Of Mouth Via Consumer Opinion Platfroms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet. Journal of interactive Marketing. Vol. 38, No. 52.

Damanik dan Weber. 2006. Perencanaan Ekowisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Supriyanto, A.S dan Maharani, V. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner, dan Analisis Data). Malang: UIN-Maliki Press

Riduwan dan Kuncoro, E. A. 2014. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9. Semarang: UNDIP.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.