ANALISIS IMPLEMENTASI COMMUNITY RELATIONS DALAM MEMBENTUK BRAND IMAGE PADA PT. TELEKOMUNIKASI SELULER BRANCH MALANG

Desy Shalsa Prastika, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara community relations dengan brand image pada suatu perusahaan di Era 4.0. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori kotller dan keller (2013) terkait dengan 4 faktor pengukur brand image mulai dari kepribadian, reputasi, nilai-nilai, dan identitas perusahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawamcara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi data, memeriksa keabsahaan data, dan menafsirkan data.

Hasil penelitian ini yaitu kegiatan yang ada dalam community relations yaitu TAP sangat mempengaruhi terbentuknya brand image di masyarakat luas sebab kemudahan bertransaksi hingga kecepatan penanganan keluhan konsumen dapat diatasi dengan cepat sehingga apabila brand image dapat tercipta maka konsumen banyak dan dapat menaikkan angka penjualan.


Kata Kunci


Analisis Implementasi CR, Brand Image, PT. Telekomunikasi Seluler

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dennisa, Egenia, Santoso, dan Suryono. (2016). Analisis pengaruh Kualitas

Produk, Kualitaas Layanan, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Varibel Intervening (Studi pada klinik kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1-13.

Evita & Setyanto (2018). Strategi Marketing Public Relations Dalam

Meningkatkan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global. 2(2), 312-319.

Heni, Intan, & Wulan. (2019). Marketing Public Relations Terhadap Kepuasan

Pelanggan. Jurnal Sain Manajemen, 1(1), 10-18.

Pesoth, Mario C. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, dan Brand Image

Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill di Kota Manado. Jurnal Emba, 3(3), 1101-1112.

Priansa, Donni J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Semuel, Hatane & Wibisono, Julian. (2019). Brand Image, Customer Satisfaction

Dan Customer Loyalty jaringan Superindo Surabaya, 13(1), 27-34.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suzanti, Nimas (2019). Community Relations Telkomsel Apprentice Program

(TAP) Surabaya Selatan untuk membentuk Brand Image PT. Telekomunikasi Seluler. Skripsi. Fakultas dakwah dan komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel: Surabaya.

Sinaga, Inggrid. (2014).The Effect of Marketing Public Relations on Brand Image.

Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2(2), 184-189.

Yosal, I. (2013). Community Relations konsep dan aplikasinyaa. Bandung:

Simbiosa Rekatama Media.

Annual report 2017, www.telkomsel.com, (diakses 20 Desember 2020).

Apa Benar Tarif Internet Telkomsel Mahal, m.detik.com (diakses pada 20

Desember 2020).

Sejarah Telkomsel, www.telkomsel.com (diakses pada 6 Januari 2021).

Tentang Telkomsel, www.telkomsel.com (diakses pada 6 Januari 2021)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.