ANALISIS JALUR TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM MENDUKUNG BISNIS ONLINE DENGAN MEMANFAATKAN JEJARING SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MALANG YANG MEMILIKI ONLINE SHOP PADA INSTAGRAM)

Cindy Bella Pratiwi, Sri Nuringwahyu, Daris Zunaida

Sari


Technology accpetance model adalah model yang dirancang untuk mengetahui bagaimana tingkat penerimaan dan penggunaan teknologi yang digunakan. Instagram adalah salah satu teknologi yang memiliki fitur yang dapat membantu kegiatan operasional bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kegunaan terhadap penggunaan instagram melalui sikap penggunaan instagram. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan metode analysis path. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial variabel persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan terhadap sikap penggunaan instagram maupun penggunaan instagram sesungguhnya. Selain itu variabel sikap penggunaan instagram dapat memediasi hubungan antara persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan terhadap penggunaan instagram sesungguhnya.


Kata Kunci


Persepsi Kemudahan, Persespi Kegunaan, Sikap Penggunaan Instagram, Penggunaan Instagram Sesungguhnya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Atmoko Dwi, Bambang. (2012). InstagramHandbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Hasan, M. I (2008) Analisis Data Dengan Penelitian Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Jogiyanto. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: ANDI

Ridwan dan Akson (2007). Rumus Dan Data Dalam Statistika. Bandung: Alfabeta

Riduwan dan Engkos Ahmad (2008).Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta

Setiadi, N.J.2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Peneltian Pemasaran. Jakarta: Kencana

Sugiyono.(2007). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wong Jony. (2010). Internet Marketing for Beginners.Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Chaffey,Dave. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation and PracticeFinancial Times[Internet]. Prentice Hall: Financial Times

Gautama, Hardan.dkk. (2019). Internet Marketing For Your Business. [Internet] Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Humas Unisma (2018) Ini Langkah Unisma Malang Menuju entrepreneur universtiy [Internet]11 Juni 2018. Available from: [Diakses 28 November 2020]

Natalia, Tangke (2004). Analisis Penerimaan Penerapan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Badan Pemeriksan Keuangan( BPK) RI. Jurnal Ekonomi Akuntansi Vol.6 No. 1

Sudarmo,Yoyo.dkk. (2020). Digital Marketing dan Fintech Di Indonesia. [Internet] Yogyakarta: ANDI. Availablefrom


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.