PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PENGALAMAN, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN ULANG E-MONEY (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM MALANG PENGGUNA APLIKASI OVO)

Nadia Chotimatuz Zuhro, Siti Saroh, Dadang Krisdianto

Sari


OVO merupakan layanan keuangan digital asal indonesia yang memudahakan pengguna untuk bertransaksi dimerchant.. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan, pengalaman, dan kepercayaan konsumen  terhadap minat penggunaan ulang E-Money OVO. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 100. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh stimultan variabel kemudahan penggunaan, pengalaman, dan kepercayaan konsumen terhadap minat penggunaan ulang E-Money. Sedangkan  secara parsial tidak berpengaruh antara variabel kemudahan penggunaan dan pengalaman minat penggunaan ulang E-Money. 


Kata Kunci


Kemudahan Penggunaan, Pengalaman, Kepercayaan Konsumen dan Minat Penggunaan Ulang E-Money.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, Prasetyo. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja, Pengalaman Berbelanja dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen di Situs Jual Beli Online Bukalapak.Com.

Akdon, & Ridwan. (2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta.

Alamsyah, Misroni. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Budaya Organisasi pada PT. Eka Agency Management

Alinea.id. (2019). Dompet digital paling dikenal. Retrieved from https://www.alinea.id/infografis/jawara-persaingan-dompet-digital-di-indonesia-b1ZJG9svT

AT Basuki, & N Prawoto. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis:dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Atriani, Lalu adi permadi dan Baiq Handayani Rinuastuti (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO.

Ayuningrum, Idris Shinta. (2016). Pengaruh Kemudahan, Pengalaman Sebelumnya, Kepercayaan Konsumen dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli dalam Transaksi Belanja Online.

CL Kenneth, & PL Jane. (2005). Sistem Informasi Managemen: mengelolaperusahaan digital. Yogyakarta: Andi.

Dailysocial. (2020). Jumlah Pengguna Baru OVO Meningkat 267% selama Pandemi. Retrieved fromhttps://dailysocial.id/post/jumlah-pengguna-baru-ovo-meningkat-267-selama-pandemi-sesi-tanya-jawab-bersama-ceo-jason-thempson.

Databoks. (2020). Jumlah Instrumen Uang Elektronik (E-Money). Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/tags/e-moneyDavis, Fred D.1989.“Perceived Usefulness Ease Of Use and User Acceptance of Information Technology”.

Diana, A, & Tjiptono F.(2007).E-Business. Yogyakarta: Andi.

Diana, Nur. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Pengguna Electronic Money di Indonesia.

Ferry, Setyo. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-Money Card

Gefen D, Kerahanna E, & Straub D W. (2013). Trust and Tam in Online Shopping:an integrated model”. University of georgia.

Ghazali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

GGWP.ID. (2020). OVO seringkali error. Retrieved from https://ggwp.id/media/tekno/aplikasi/ovo-error-gangguan-hari-ini

Gustafsson & Johansson. (2006). Customer trust in E-Commerce”. Kristiandat University.

Hardini, Widi. (2018). Memorable Experience Wisatawan pada Restoran Upscale di Bali.

Herlan, Dwimastia (2014).Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Resiko Persepsian terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Bankingpada UMKM di Kota Yogyakarta.

Hoffman, et.al. (1999). “Building Customer TrustOnline Communications of the ACM”.

Hellier, et.al. (2003). “Customer repurchase intention. European Journal of Marketing”. Retrieved from https://www.emeraldin-sight.com/doi/abs/10.1108/-03090560310495456

Jogiyanto, HM. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Kartajaya, Hermawan. (2006). Hermawan Kertajaya On Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Kennec, Laudon C. (2005). Sistem Informasi Manajemen: mengelola perusahaan digital. Yogyakarta: Andi.

Kim, Jae-11, Hee Chun Lee, Hae Joo Kim. (2004). “Factors affectingonline search intention and online purchase intention journal seoul nasional university.soul.korea”.

Komiak, S.X & Benbasat, I. (2014). “understanding customer trust in agent, mediatedelectronic commerce, web-mediated aectronic commerce, and tradisional commerce information”.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Misbahuddin, & Iqbal Hasan. (2013).Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mualana, Shabur Miftah. (2015).Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online.

Musthofa, Adit. (2020). “Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Sistem Pembayaran Uang Digital”. Universitas Islam Malang.

Prathama, Frenky & Sahetapy, Wilma Laura. (2019). “Pengauh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada”.

putri, I gusti agung ayu alit masarianti,. Dkk. (2019). Pengaruh trust dan easy of use terhadap minat beli ulangstudi pada marketplace shopee dikota mataram

Putu, Ni et al. (2016). Pengaruh Pengalaman Membeli Produk Fashion terhadap niat Membeli Kembali Melalui Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan.

Reinarny, Puti. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Go-jek.

Salular.id. (2019). Top 10 E-wallet di Indonesia Q2-2019. Retrieved fromhttps://seluler-id.cdn.ampproject.org/v/s/seluler.id/2019/08/iprice-top-10-e-wallet-di-Indonesia-q2-2019/amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=16033452246349&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fseluler.id%2F2019%2F08%2Fiprice-top-10-e-wallet-Indonesia-q2-2019%2F.

Sari, Reipita. (2013). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Kepercayaan dan Computer Self Efficaly terhadap penggunaan e-banking di Semarang.

Schmitt, Bernd. H. (1999). Experiential Marketing. Kogakusha, Ldt. London.

Soegoto, E. (2008). Marketing research. Bandung: Elex Media Kompitundo.

Sugiarto. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi & Bisnis. Yogyakarta: UII Press (anggota IKAPI).

Tirto.id. (2020). Gerakan Non Tunai. Retrieved fromhttps://tirto.id/5090-masyarakat-khawatirkan-penggunaan-data-e-money-cy41

Ujang, Sumarwan. (2008). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Utama.

Wibowo, Setyo Ferry, Dede Rosmauli, dan Usep Suhud (2015) Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-Money Card Studi pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta,

W. Stewart D, Pavlou P & Ward S. (2002). “media influences on marketing communications”.

www.bi.go.id. (2020). Daftar Penyelenggara Uang elektronik yang telah Memperoleh Izin Bank Inodinesia. Retrieved fromhttps://www.bi.go.id/id/sistem-pembayaran/informasi-perizinan/uang-elektronik/penyelenggara-berizin/Contents/Default.aspx


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.