PENGARUH PROMOSI DAN MUTASI PEGAWAI TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (STUDI KASUS PADA BAGIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA, SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MALANG)

Ali Imron Asyari, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


Hasil yang didapat dari penelitan ini menunjukkan bahwa secara simultan promosi jabatan dan mutasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kabupaten Malang Setda Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa variabel Promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai karena nilai thitung (2.054) > ttabel (2,024) dengan signifikansi 0,047 < 0,05. Dan Mutasi juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai karena nilai thitung (2.356) > ttabel (2,024) dengan signifikansi 0,024 < 0,005. Variabel Mutasi memiliki pengaruh yang dominan yaitu sebesar 0,333 dibanding dengan Promosi yang hanya sebesar 0,322. Analisis koefisien determinasi. Nilai Adjusted R-Square yang diperoleh adalah sebesar 0,460 menunjukkan sekitar 46% variabel Y (kinerja pegawai) dapat dijelaskan oleh variabel Promosi (X1) dan variabel Mutasi (X2) atau secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi promosi jabatan dan mutasi terhadap variabel kinerja pegawai 46%.


Kata Kunci


Promosi, Mutasi, dan Kinerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang, Wahyudi, 2012, Manajemen

Sumber Daya Manusia. Sulita, Bandung.

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen

Produksi. Bandung: Satu Nusa.

Eko, Widodo Suparno. 2015. Manajemen

Pengembangan Sumber Daya

Manusia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanggraeni, Dewi. 2012. Manajemen

SumberDaya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hasan, Iqbal. 2012. Metodologi Penelitian

dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Kadarisman, 2012, Manajemen

Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rajawali Pers, Jakarta

Mangkunegara, Anwar. 2013. Evaluasi

Kinerja Sumber Daya Manusia.

Bandung: Remaja Rosda Karya

Nitisemito, Alex S. 2013.Manajemen

Personalia : Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed.3. Jakarta : PT. Ghalia Indonesia

Nurdin, Usman. 2015.Konteks

Implementasi Berbasis Kurikulu. Bandung: CV Sinar Baru

Riduwan, Sunarto. (2009). Pengantar

Statistika. Bandung, Alfabeta.

Robbins, Stephen. 2017.Manajemen Edisi

Kesepuluh Jilid 2. Jakarta : Erlangga Siagian, Sondang. P. 2011. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian dan

Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Darmikayani, Luh, Putu. 2016. Pengaruh Promosi Jabatan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Habibi, Novian. 2015. Pengaruh Mutasi Dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Pegawai Di Badan Pertanahan Nasional Kantor Wilayah Kalimantan Barat. Kalimantan: Jurnal Universitas Tanjungpura.

Skripsi

Alfiqi, Muhammad. 2015. Pengaruh Mutasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Negeri Sipil. Medan: Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara

Ginting, Rini Troelin. 2015. Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi Jabatan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan II Medan Medan: Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara.

Lubis, Zuninda Ulfah. 2011. Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Pegawai Pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan Kota. Medan: Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara

Putri, Gharsina Fajarani. 2015. Pengaruh Mutasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Operasional Di Vio Cihampelas Hotel Bandung. Bandung: Skripsi Manajemen Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Siagian, Ricca Adelina. 2010. Pengaruh Mutasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Dan Sosial Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan. Medan: Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara

Wilantari, Atika. 2010. Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Bagian Kantor Direksi PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). Medan: Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.