PERENCANAAN STRATEGI BISNIS DISTRIBUTOR DAGING AYAM POTONG SEGAR (STUDI KASUS PADA DISTRIBUTOR DAGING AYAM POTONG SEGAR REZHUMI MALANG)

Zuria Nur Ain, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


Penelitian ini bertujan untuk mengetahui perencanaan strategi bisnis pada distributor ayam potong segar Rezhumi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi di lapangan, pengisian beberapa daftar pertanyaan.

Hasil penelitian ini adalah matrik IFAS menunjukkan dengan total skor 2,876, dan matrik EFAS menunjukkan dengan total skor 2,404. Berdasarkan matrik IE menunjukkan bahwa Rezhumi berada pada kuadran V dimana ketentuan yang dapat digunakan adalah menjaga dan mempertahankan. Perencanaan strategi untuk penetrasi pasar yaitu Rezhumi bisa mempertajam analisa penjualan dengan melakukan pencatatan penjualan setiap harinya dan Rezhumi bisa mengoptimalkan pendistribusian yang ada sekarang dan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dan memberikan kualitas produk yang terbaik. Seiring dengan persaingan dalam industri daging ayam yang semakin meningkat maka Rezhumi harus mampu mempertahankan pasar konsumen yang sudah ada.

 


Kata Kunci


perencanaan strategi bisnis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.F, M. 2010. Strategi Memenangkan Persaingan Usaha Dengan Menyusun Business Plan . Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Agustina, Lira 2020. Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Blue Ocean Strategy. Surabaya : CV. Jakad Media Publishing.

Alfian, M. A. 2009. Menjadi Pemimpin Politik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama .

Amalia, Devi Rizki (2028). Analisis Lingkungan Dalam Menentukan Strategi Yang Tepat studi Pada Kayu Tohu Srijaya Kota Batu. Adiministrasi Bisnis. Vol.7,No.3

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran edisi pertama, Jakarta: Rajawali Pers.

David, F. R. 2006. Strategic Management . Jakarta : Salemba Empat.

Fandy Tjiptono dkk. 2008. Pemasaran Strategi, Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Hutabarat,J,& Huseini. 2006. Manajemen Strategik Kontemporer Operasionalisasi Strategi . Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Ismail Solihin. 2012. Manajemen Strategi. Bandung: Erlangga.

Jhon A. Pearce, Richrad B. Robinson. 2009. Manajemen Strategis, Formulasi, Implementasi Dan Pengendalian. Buku 1 edisi 10 Jakarta: Salemba Empat.

M. Nafarin. 2009. Penganggaran Perusahaan, Jakarta: Salemba Empat.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. 2008. Manajemen Strategis, Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat

Prof. Dr. Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sadono Sukirno, dkk. 2006. Pengantar Bisnis, Jakarta: Kencana.

Shinta Kartika Dewi. 2009. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Olahan Carica (Studi Kasus pada Industri Kecil Olahan Carica di Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo). Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono, Prof. Dr. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha Basu, 2020 .Manajemen Penjualan Edisi Ketiga, Yogyakarta: BBFE.

Tri Ariessiana Nusawanti. 2009. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Roti 116 pada Bagas Bakery Kabupaten Kendal. Bogor. Institut Pertanian Bogor

Umar, H. 2001. Strategic Management In Action . Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama .

Yamit, Zulian. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi Edisi kedua, Yogyakarta :Ekonisia.

Yunus, E. 2016. Manajemen Strategis . Yogyakarta : CV Andi Offset.

Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.