ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA CAFE KRIWUL COFFEE

Roihul Akhmaril Wardah, Siti Saroh, Daris Zunaida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan pada pelaku usaha Cafe Kriwul Coffee untuk meningkatkan daya saing Cafe Kriwul Coffee terhadap cafe-cafe lain yang menjadi pesaingnya.

Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Cafe Kriwul Coffee yaitu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Cafe Kriwul Coffee cukup efektif dalam mempromosikan produk dan mengembangkan kualitas produknya. Cafe Kriwul Coffee terus mengembangkan strategi pemasarannya agar usaha Cafe Kriwul Coffee tetap berkembang dan mampu bersaing dengan pesaing Cafe Kriwul Coffee.

 


Kata Kunci


Strategi Pemasaran, Segmenting, Targeting, Positioning, Daya Saing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisa Diaz Adhe Lusinta, T. d. (2019). Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning untuk merumuskan strategi pemasaran global pada UKM kacang mede "bawang mas" . jurnal penelitian ilmu manajemen (JPIM), 907-920.

Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: CV. Alfabeta.

Armstrong, P. K. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Asdin Juaniardi, S. H. (2018). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Novotel Makassar Grand Shayla City Centre. HJABE, Vol 1 No 4, 52-64.

Bismala, L. (2014). Analisis Strategi Pemasaran pada UMKM di Sumatera Utara untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 126-134.

Dr. Prihati, M. S. (2018). Implementasi Kebijakan Promosi Pariwisata dalam Pengembangan Potensi Wisata Daerah. Surabaya: Penerbit Jakad Publishing.

Dr. Tri Wedo Raharjo, S. M. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Surabaya: CV. Jakad Publishing .

Emik Iriyanti, N. Q. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepasan sebagai variabel intervening pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol 2 No 1, 1-15.

Fandy Tjiptono, P. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Gede Hadi Reynaldi, N. W. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek 'Honda' di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vo. 4 No 1, 375-401.

Harianto, D. (2013). Analisa pengaruh kualitas layanan, brand image, dan atmosfer terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening konsumen kedai deja-vu Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, Vol 1 No 1.

Ir. Agustina Shinta, M. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Keller, P. K. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta: Erlangg.

. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke 12. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi Ke 11. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Lila Bismala, S. H. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Payne, A. (2007). The Essence of Service Marketing (Pemasaran Jasa). Jakarta: Salemba Empat.

Philip Kotler, G. A. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran , Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga .

Rozi, A. F. (2017). Analisis Strategi Pemasaran pada Djawa Batik Solo. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 173-186.

Sayyid, M. (2020). Strategi Pemasaran Bisnis Farmasi. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Selang, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (marketing mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen PAda Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA:Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akutansi, Vol. 1 No 3, 71-80.

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugeng Budi Rahardjo, N. S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan, Studi Kasus di PT. PGC Cikarang. SIGMA-Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, Vol. 6 No. 1, 2407-3903.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif =, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2015). etode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suri Amalia, A. N. (2016). Pengaruh BAuran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol 5 No. 1, 459-468.

Tengku Firli Musfar, S. M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Yogyakrta: Bayumedia Publishing.

. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

. (2009). Strategi Pemasaran, Edisi ke 2, Cetakan ke 7. Yogyakarta: Andi Offset.

Wowor, V. R. (2013). Bauran Pemasaran Jasa, Pengaruhnya Terhadap KEpuaan Konsumen. Jurnal EMBA, Vol. 1 No 4, 1229-1239.

Yazid, D. (2003). Pemasaran Jasa, Edisi kedua Ekonisia Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.

Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah: Konsep dan plikasi. Yogyakarta: e-Gov Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.