PELAKSANAAN BAGI HASIL SIMPANAN DAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG MALANG KOTA

Ely Vina Wasila, Rini Rahayu Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui fenomena yang sedang terjadi Di BMT UGT Sidogiri Cabang Malang Kota terkait pelaksanaan nisbah bagi hasil simpanan dan pembiayaan Mudharabah.. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kesesuaian pelaksanaan bagi hasil simpanan dan pembiayaan Mudharabah di BMT UGT Sidogiri Cabang Malang Kota dengan Syariat Islam., (2) Pelaksanaan bagi hasil simpanan dan pembiayaan Mudharabah di BMT UGT Sidogiri Cabang Malang Kota, (3) Manfaat yang diperoleh dari bagi hasil simpanan dan pembiayaan Mudharabah.


Kata Kunci


Kesesuaian dengan Syariat Islam, Pelaksanaan, dan Manfaat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allifin, A. F. N. Analisis Perlakuan Akuntansi Pembiayaan Mudharabah Pada BMT UGT Sidogiri Capem Jember Kota.

Alya, F. (2019). Identifikasi Fungsi Sosial Dan Komersial Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) UGT Sidogiri Capem Belimbing Dalam Meminimalisir Rentenir Di Pasar (Studi Kasus Pasar Blimbing). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1).

Andri Soemitra. (2015) Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta, Prenadamedia Group.

Fuadi, I. (2015). Implementasi Pembiayaan Mudharabah Dan Kontribusinya Terhadap Kesejahteraan Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Blitar.

Habibinsyah, R. M. (2017). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Terhadap Pendapatan Nasabah (Studi Kasus BMT UGT Sidogiri Cabang Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(1).

Jumlah Nasabah Bank Syariah Per Oktober https://www.merdeka.com/uang/per-oktober-ojk-catat-jumlah-nasabah-bank-Syariah-capai-3189-juta.html (di akses 15 Januari 2021).

Jurnal BMT UGT Sidogiri Capem Blimbing http://fitrisadri5.blogspot.com/2017/11/bmt-ugt-sidogiri-capem-belimbing.html (di akses 14 Januari 2021).

Jurnal SPI Januari 2020 https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/statistik-perbankan-indonesia/Pages/Statistik-Perbankan-Indonesia---Januari-2020.aspx (di akses 19 Januari 2021)

Lestari, R. (2020). Pelaksanaan Bagi Hasil Simpanan dan Pembiayaan Mudharabah Di BMT Al-Amanah Cabang Subang. EKSISBANK (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perban kan), 4(1), 32-38.

Mardani. (2014) Hukum Bisnis Syariah. Jakarta, Salemba.

Muhammad. (2015) Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Pengertian SPI (https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/statistik-perbankan-indonesia/default.aspx) (di akses 15 januari 2021).

Profil BMT UGT Sidogiri Secara Umum https://bmtugtnusantara.co.id/home (diakses 14 Maret 2021)

Qonaatillah, I., Susyanti, J., & ABS, M. K. (2019). Analisis Kendala Penerapan Pembiayaan Akad Mudharabah, Murabahah Dan Musyarakah Pada BMT-UGT Sidogiri Cabang Malang Kota. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(2).

Rully I. & Poppy Y. (2014) Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung, PT. Refika Aditama.

Sudjana, K., & Rizkison, R. (2020). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 175-194.

Susana, E., & Prasetyanti, A. (2011). Pelaksanaan Dan Sistem Bagi Hasil Pembiayaan Al-Mudharabah Pada Bank Syariah. Jurnal keuangan dan Perbankan, 15(3).

Swandana, M. R. A. (2017). Pengaruh Pembiayaan Akad Mudharabah terhadap Kinerja Usaha Mikro (Studi pada Anggota BMT UGT Sidogiri Cabang Malang Kota). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2).

Tentang Syariah https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Perbankan-Syariah.aspx (di akses 20 februari 2021)

Widiyanto, Abdul, G. I., & Kartiko A. Wibowo. (2015) BMT Praktik dan Kasus. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wangsawidjaja Z. (2012) Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wulandari, T., & Halim, A. (2016). Analisis Implementasi Psak No. 105 Akuntansi Mudharabah Pada Baitul Mal Wat Tamwil (Bmt) Sidogiri Di Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.