PENGARUH STRES KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP TINGKAT TURNOVER INTENTION MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA KARYAWAN OUTLET AYAM GORENG NELONGSO CABANG MALANG)

Wildah Ishlahiyatul Izzah, Rini Rahayu Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


Malang dikenal sebagai kota yang kaya akan kulinernya. Ayam Goreng Nelongso adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner yang ada di Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan budaya organisasi terhadap tingkat turnover intention melalui kepuasan kerja. Penelitian ini termasuk dalan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, tetapi tidak berpengaruh pada turnover intention . Sedangkan budaya organisasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja, tetapi berpengaruh pada turnover intention. Serta tidak terdapat hubungan tidak langsung antara stres kerja dan budaya organisasi dengan turnover intention melalui kepuasan kerja.


Kata Kunci


Stres Kerja, Budaya Organisasi, Turnover Intention, Kepuasan Kerja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung, PT.Remaja Rosdakarya

Robbins, P. Stephen. & Judge. A. Timothy. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta, Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta, CV

Wirawan. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta, Salemba Empat.

.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.