IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA PRODUK RAHN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS PADA PEGADAIAN SYARIAH UNIT GADANG)

Rizky Aulia Amanta Putri, Rini Rahayu Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


Integrated Marketing Communication merupakan  proses  perencanaan,  pelaksanaan,  dan  pengendalian  pesan   suatu  merek untuk  dapat  menciptakan  hubungan  jangka  panjang  dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  implementasi Integrated Marketing Communication pada produk Rahn di Pegadaian Syariah Unit Gadang dan Untuk mengetahui implementasi Integrated Marketing Communication pada produk Rahn dalam mempertahankan loyalitas nasabah Pegadaian Syariah Unit Gadang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi integrated marketing communication (imc) pada produk rahn sudah terimplementasi akan tetapi kurang maksimal dalam penerapan dilapangan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pegadaian syariah telah menerapkan integrated marketing communication (IMC) dalam mempertahankan loyalitas nasabah akan tetapi banyak hambatan yang membuat penerapan IMC kurang maksimal. Hal ini, dibuktikan dengan meningkatnya jumlah nasabah akan tetapi tingkat loyalitas nasabah semakin menurun.


Kata Kunci


Integrated Marketing Communication, Loyalitas Nasabah, Rahn

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Mundziri. (2013). Ringkasan Sahih Muslim No.970, Cet.2. Bandung: Jabal.

Duncan, T. (2000). Intregated marketing Communication - Using Advertising and Promotions to Build Brands. New York: Mc Graw.

Griffin, J. ( 2003). Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Idri. (2017). Hadis Ekonomi: Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Kencana.

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran edisi 11, Jilid 2. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P. (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P., & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana.

Sri Nurhayati, W. (2015). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta .

Saeed, A. (1996). Islamic Banking and Interest: A study of Prohibition of. Leiden: EJ Brill .

Shimp, T. (2003). Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sri Nurhayati, W. (2015). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.