ANALISIS PENENTUAN POSISI PERUSAHAAN MEBEL DALAM KELANGSUNGAN USAHA BERDASARKAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA MEBEL AS SHOFA LUMAJANG)

Muhammad Roufurrochim, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan analisis SWOT terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk penentuan posisi perusahaan mebel As-Shofa dalam kelangsungan usaha serta menganalisis posisi perusahaan mebel As-Shofa dalam kelangsungan usaha melalui analisis SWOT. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di mebel As Shofa, Dusun Pasinan, Desa Karangbendo, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Mebel As-Shofa masih memiliki cukup banyak kekuatan untuk mengatasi ancaman yang dihadapi. Adapun posisi Mebel As-Shofa, sesuai dengan hasil analisis SWOT berada pada kuadran II, yang mendukung strategi diversifikasi. Adapun strategi yang dapat diterapkan dalam kondisi tersebut adalah strategi Strengts-Threats (ST), yang dapat dilakukan dengan memperkuat layanan untuk pertumbuhan usaha dan perluasan pasar, meningkatkan efektifitas & efisiensi produksi dan pelayanan serta memperkuat keunggulan sumber daya manusia perusahaan.


Kata Kunci


Posisi perusahaan dan Analisis SWOT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afatsyar, Q. (2018). Analisis SWOT Pengembangan Usaha Adiguna Mebel Surabaya (Studi Kasus di Adiguna Mebel Surabaya). Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 7(1): 2822- 2834

Alma, B. (2008). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Arifin, A. (2003). FAQ About Viral Marketing. Yogyakarta: Andi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Khoirunisak, H. & Saino. (2020). SWOT Analisis Sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Pengembangan Sentra Industri Mebel Di Desa Catak Gayam Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). 8(2): 861- 867

Mantja, W. (2005). Etnografi: Desain Penelitian Kualitatif Dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media

Marizar, E.S. (2005). Designing Furniture. Jakarta: Media Pressindo

Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pearce, J.A. & Robinson, R.B.. (2008). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. 2014. SWOT Balanced Scorecard: Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Resiko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., & Yuwanti, S. (2018). Analisis SWOT: Faktor Internal dan Eksternal pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu. Jurnal Agroteknologi, 12(02), 107–115.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Aris, Heru Susilo dan Riyadi. (2013). Penggunaan Web Sebagai Salah Satu Pendukung Strategi Pemasaran Produk Oleh Perusahaan Kusuma Agro Industri Batu. Jurnal Adminstrasi Bisnis. 3(2): 1-11


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.