PENGARUH TESTIMONI DAN SELEBGRAM ENDORSMENT TERHADAP MINAT PEMBELIAN ONLINESHOP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS ISLAM MALANG)

Indra Vita Aji Widiarti, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang dominan antara testimoni dan selebgram endorsement terhadap minat pembelian onlineshop di media sosial Instagram. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitaif. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang yang memiliki akun instagram jasa yang berjumlah 100 orang dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian testimoni berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian mahasiswa, yang ditunjukan dengan nilai t hitung > t tabel (9.507 > 1.933) dan nilai signifikansi 0.001 lebih kecil dari nilai sig 0.05. Selebgram endorsment berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian mahasiswa, yang ditunjukan dengan nilai t hitung > t tabel (10.664 > 1.933) dan nilai signifikansi 0.004 lebih kecil dari nilai sig 0.05. Testimoni dan selebgram endorsment berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat pembelian mahasiswa, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel (7.346 > 3.12) dan nilai signifikan Hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X1 dan X2 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Y.


Kata Kunci


Testimoni, Selebgram Endorsement, Minat Pembelian, Instagram

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A Shimp, Terence. Periklanan Promosi aspek tambahan komunikasi Terpadu. Jilid I Edisi ke 5. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2003.Fatihudin dan Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa. Surabaya: Deepublish.

Doni dan Lili. Managemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta, 2017.

Griffiths, Andrew. 2011. 101 Jurus Rahasia Membangun Bisnis Hebat dengan Cara Cerdas, Mudah dan Cepat. Jakarta: Tangga Pustaka.

Kertamukti, Rama. Strategi Kreatif Dalam Periklanan, (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2015), 319.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium 2. PT. Prenhallindo Jakarta.

Kotler, Philip. 1994. Manajemen Pemasaran. Penerbit Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Edisi Salemba Empat.

Muhammad Jaiz, Dasar-Dasar Periklanan (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014), 3.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cyber Media).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.