ANALISIS PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PT LION PARCEL CABANG WIYUNG SURABAYA)

Sofia Lababa, Rini Rahayu Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


Lion Parcel merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi pengiriman barang. Pada perusahaan Lion Parcel ini sudah memiliki modal jaringan dan operasional yang terpercaya didukung dengan armada pesawat penerbangan terbesar dari Lion Parcel yang dapat melayani pengiriman  domestik dan Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix yang terdiri dari promotion, process dan people dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada Lion Parcel Cabang Wiyung Surabaya. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi data, memeriksa keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi marketing mix memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan volume penjualan di  Lion Parcel Cabang Wiyung Surabaya. dengan adanya penerapan strategi marketing mix yang terdiri dari promotion, process dan people memberikan pengaruh baik pada perusahaan, adanya promosi, memilih karyawan dengan seleksi proses pelayanan yang baik. Hal tersebut berpengaruh pada kualitas pelayanan dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga dapat meningkatan pada volume penjualan.


Kata Kunci


Marketing Mix dan Volume Penjualan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A (2001). Kamus Akuntansi. Jakarta: PT Mario Grafika

Alma, B. (2006). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, B. (2015). Pengantar Bisnis.. Bandung: Alfabeta.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi II, BPFE. Yogyakarta: Erlangga.

K. Yin, Robert. (2011)Studi Kasus Desain & Metode.Jakarta:Rajawal Pressi.

Kotler, P & G. A. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R.(2001).Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Sanjaya, W. (2011), Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta

Yazid. (2001). Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi.Yogyakarta: Ekonisia.

Rismiati E.C & S. (2001). Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta: Kanisius.

Padji, A. (2003).Kamus Istilah Akuntansi. Cetakan Kesatu, Bandung: Ytama W Padji, A. (2003)Kamus Istilah Akuntansi. Cetakan Kesatu, Bandung Widya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.