STRATEGI MARKETING DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS DI PT. SELECTA KOTA BATU)

Alfis Shahrin, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


Bisnis pariwisata merupakan suatu bisnis yang bergerak di bidang jasa pariwisata dengan cara memperkenalkan atau menyediakan objek wisata yang ada, sehingga menimbulkan daya tarik bagi para pengunjungnya. PT Selecta adalah salah satu contoh bisnis pariwisata yang memiliki  banyak objek wisata  yang menarik perhatian para konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Marketing dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan dan mengetahui Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Penerapan Strategi Marketing dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan di PT. Selecta Kota Batu. Metode penelitian ini menggunakan mtode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa dengan menggunakan penerapan strategi marketing yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sebuah perusahaan, maka akan dapat menumbuhkan loyalitas dari pelanggan.  


Kata Kunci


Bisnis pariwisata, strategi marketing, loyalitas pelanggan, faktor pendukung, faktor penghambat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allison, Michael., & Kaye, Jude. 2015. Strategic Planning for Nonprofit Organizations A Practical Guide for Dynamic Times Third Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Bungin, Burhan, Prof., Dr., 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Christoper Lovelock & Lauren K Wright.2007. Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks, Indonesia

Cravens, D.W., & Piercy N.F. 2013. Strategic Marketing, 10th edition, Singapore: McGraw-Hill Companies, Inc.

David, Fred R. 2012. Managemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Hitt, Michael A., Ireland, R. Duane and Hoskisson, Robert E., Strategic Manajement: Competitiveness and Globalization, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta, Salemba Empat, 2011.

Jefkins, Frank; Daniel Yadin. 2004. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kasali, Rhenald.2012. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Kasmir dan Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan ke Delapan. Jakarta: Kencana

Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management Edisi 13. Pearson Prentice Hall

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.

Maryam. 2017. Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Tamu Hotel Pantai Marina Bengkalis. Jom FISIP Volume 4 No. 2 Oktober 2017 diakses di https://media.neliti.com/media/publications/205929-strategi-marketing-public-relations-dala.pdf tanggal 23 November 2020.

Oliver, Sandra. 2010. “Strategi Public Relations”. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Pramesti, Agung Rezkina. 2012. Strategi Marketing Public Relations Telkomsel Surakarta Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Marketing Public Relations Telkomsel Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan). Jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Radiosunu, 2001, Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Analisis. Yogyakarta: BPFE.

Sari, Gina Rahma. 2019. Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Berrybenka Store. Skripsi Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diakses di https://core.ac.uk/download/pdf/225825514.pdf tanggal 20 November 2020.

Stanton, William. J. 2005. “Prinsip Pemasaran”, Edisi Ketujuh, Jilid I, Penerjemah: Yohanes Lamanto, MBA, MSM., Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Tjiptono, Fandy. 2008 Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta: CV. Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Yuliana, Nina. 2014. Media Relations. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuliana, Zubaidiyah Irani. 2017. Strategi Marketing Public Relations PT. Cipta Mortar Utama dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal online yang diakses pada http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-commf0da72381cfull.pdf tanggal 23 November 2020. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.