PENGARUH VALUE PROPOSITION TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER LOYALTY (STUDI PADA MI FANS DI MALANG )

Satria Mandala Putra Barce Novel, Sri Nuringwahyu, Daris Zunaida

Sari


Mi fans adalah komunitas pecincinta produk Xiaomi. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh Value Proposition terhadap Customer Satisfaction  melalui Customer Loyalty. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 44 serta menggunakan metode analisis path. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel Value Proposition dan Customer satisfaction terhadap Customer Loyalty. Sedangkan  secara parsial terdapat pengaruh antara variabel Value proposition terhadap Customer loyalty, dan Customer satisfaction, Serta terdapat pengaruh secara persial antara variabel Customer Satisfaction terhadapa Customer Loyalty. Selain itu juga terdapat variabel mediasi.


Kata Kunci


Value Proposition, Customer Satisfaction dan Customer loyalty

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Bukareview. (2020) 6 Rekomendasi Hp Xiaomi Terbaik 2020. Available From: https://review.bukalapak.com/gadget/rekomendasi-hp-xiaomi-terbaik-110894 [Accesed 08 November 2020]

Buttle, F. 2009. Customer Relathionship Manajement Concepts and Technologies. Second Edition. Hungary:Butterworth Heinemann

Compas. (2020). Penjualan Smartphone Turun 46% Selama Masa Pandemi. Available From: https://compas.co.id/penjualan-smartphone-turun-selama-masa-pandemi [accesed 08 November 2020]

Databoks. (2020). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. Avilable From: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025 [Accesed 09 November 2020]

Dutka, Alan. (2008). AMA Hand Book for Customer Satisfaction. NTC Business Book, Lincolnwood, Illinois

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: UNDIP.

Ghozali, I (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati, Ratih (2008). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung : Alfabeta

Indriyarti, Eko Retno.(2016). Pengaruh Customer Value Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Sebagai Strategi Menuju Bisnis Berkelanjutan Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uniiversitas Trisakti. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi, Konsentrasi Service Management, Universitas Trisakti [Internet], 05 November. Available From https://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/lemlit/article/view/1454 [accessed 05 November 2020]

Jannah, Miftahul (2014). Pengaruh Customer Value Terhadap Kepuasan Pengguna Smartphone Blackberry Gemini Curve 8520 (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojo/yo Madura). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo [Internet], 05 November. Available From https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/1512 [Accessed 05 November 2020]

Kotler, Philip dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller(2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid 2. dialih bahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks Kotler, Philip. (1997) Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. (Teguh, Hendra dan Rusli, Ronny A., Trans). Jakarta: Gramedia

Kotler, Philip.(2002). Manajemen Pemasaran. Buku 1 Edisi kesebelas. Drs Benjamin Molan, trans. Jakarta: PT Prenhallindo

Kumparan.(2018).Cerita dibalik solidnya Mi fans: para penggila xiaomi. Available From: https://kumparan.com/kumparantech/cerita-di-balik-solidnya-mi-fans-para-penggila-xiaomi-1541845614240696149/full [Accessed 08 November 2020]

McQuitty dan Adam Finn (2000), Systematically Varying Consumer Satisfaction And Its Implications For Product Choice, Journal of Marketing.

Mix. (2018). Efektivitas Komunitas Mi Fans Bagi Xiaomi di Indonesia. Available From: https://mix.co.id/marcomm/news-trend/efektivitas-komunitas-mifans-bagi-xiaomi-di-indonesia/ [Accessed 05 Desember 2020]

Oliver, R. L., & DeSarbo,W. S. (1988). Response determinants in satisfaction judgments. Journal of Consumer Research.

Osterwalder, A dan Pigneur, Yves. 2014. Business Model Generation. Alih bahasa oleh Natalia Ruth Sihandrini. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Riduwan, A. &. (2015). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Steviani,Angeline. Semuel, Hatane (2015). Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra [Internet], 05 November. Available From: https://media.neliti.com/media/publications/132579-ID-pengaruh-customer-value-terhadap-loyalit.pdf [accessed 05 November 2020]

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan paraktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Wikipedia. Xiaomi. Available From: http://id.Wikipedia.org/wiki/Xiaomi [accessed 08 November 2020]

Zeithmal, V., Bitner, M.J., dan Gremeler, D.D,.(2009). Service Marketing integrating customer focus across the firm 5th Edition. McGraw-Hill, New York.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.