PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PROMOSI PELAYANAN ELEKTRONIK PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BRIZZI CARD (STUDI KASUS PADA TENAN DI PT. HYARTA DANADIPA RAYA UNTUK PEMBAYARAN SEWA, LISTRIK, AIR MALL DINOYO CITY DAN PASAR TERPADU DINOYO )

Muhammad Zainul Mustofa, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


Penelitian ini dilakukan pada PT. Hyarta Danadipa Raya yang menggunakan sistem pembayaran pada sewa, listrik dan air untuk tenanya menggunakan kartu Brizzi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh dan seberapa besar pengaruh tiga variabel penelitian dalam keputusan penggunaan kartu Brizzi untuk pembayaran sewa, listrik dan air di PT. Hyarta Danadipa Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan model Technology Acceptance Model (TAM). Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan peilaian responden atau kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 207 responden yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 25.0 For Windows.

Kata Kunci


TAM, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Keputusan Penggunaan, Kartu Brizzi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Faramita, D. dan Mohammad A.M. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan Menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (Studi Kasus Pada Bank BCA, BRI dan Bank Syariah Mandiri). Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2012). Vol.7. Hlm. 139-147.

Fatmawati. Endang (2015), Technology Accepment System (TAM) untuk menganalisis penerimaan terhadap sistem informasi perpustakaan, Jurnal Iqra’, Vol.9, No. 1 hlm. 1-13

Genandy, ilham, dien. (2018). Pengaruh kemudahan, kebermanfaatan dan promosi uang elektronik terhadapkeputusan penggunaan e-money di masyarakat. SKRIPSI. Februari 2018. Jakarta.

Ghozali, imam. Aplikasi Analisis Multivariante dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2016

https://www.bi.go.id/id/rupiah/tanyajawab/documents/FAQCiri2easlianUang.pdf

Joan, Leoni. Sitinjak, Tony. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan layana pembayaran digital Go-Pay. Jurnal Manajemen.Vol, 8. hlm31-35

Jogiyanto. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: ANDI

Jogiyanto. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: ANDI

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) https://kbbi.web.id/. Purwadarminta.W.J.S. eR-kamus Google. Telah di baca. 28 Oktober 2020 pukul. 12:47 WIB.

Kotler, Philip dan K.L. Keller. 2012. Marketing Management. 14 Edition. New Jersey: Pretice Hall.

Latief, Fitriani. 2020. Pengaruh kemudahan, promosi dan kemanfaatan terhadap keputusan penggunaan uang digital. Jurnal Akuntansi manajemen, 1 April.

Peraturan bank Indonesia nomor 11/12/PBI tahun 2009 tentang uang elektronik (Electronic Money)

Siregar, Syofian. (2012). Meode Penelitian uantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS, Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.Yogyakarta. 2008.

Utami, Sulistyo Seti dan Berlianingsih Kusumawati, Juli 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money(Studi Pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). Jurnal Balance. 14(2)

Venkates, V., Morris, M.G., Davis, B.B., Davis, F.D. 2003, user acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly, 27(3), 425-478.

Wibowo, Setyo Ferry dan Dede Rosmauli. 2015. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Moneycard. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).6.(1)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.