PROSES PENCARIAN ALAT BUKTI DAN BARANG BUKTI UNTUK MENENTUKAN SESEORANG MENINGGAL DUNIA KARENA TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN (STUDI DI POLRES SUMENEP)

Mohammad Ujang Rismi Hidayatullah

Abstract


The investigator's action to conduct an investigation is an important thing that must be done to find out the cause of someone's mysterious death. The formulation of the problem of this thesis research is how the Investigator's Procedure in Tracing Evidence and Evidence to Determine Someone Died of Murder, evidence and evidence in the process of investigation to determine someone died due to murder, the investigator's obstacle in conducting an investigation to determine someone died because of the murder in the Sumenep Regional Police Station. This research uses empirical juridical, the source of the data collected comes from literature and field studies, data collection techniques used are interviews, observation, documentation. Investigation procedures receive reports, look for irregularities in the body of the victim, arrest, examination of the suspect, evidence is the testimony of witnesses, experts, letters and instructions, information of the defendant, evidence is the goods or objects used to commit the crime of murder. Obstacles that occur are difficult witnesses and the absence of the identity of the victim at the scene of the case.Keywords: Search, evidence, murder

Tindakan penyidik untuk melakukan penyeldikan adalah suatu hal penting yang harus dilakukan untuk mengetahui penyebab matinya seseorang secara misterius. Rumusan masmaslah penelitian skripsi ini adalah bagaimana Prosedur Penyidik Dalam Menelusuri Alat Bukti dan Barang Bukti Untuk Menentukan Seseorang Meninggal Dunia Karena tindak pidana Pembunuhan, alat bukti dan barang bukti dalam peroses penyelidikan untuk menentukan seseorang meninggal dunia karena tindak pidana pembunuhan, hambatan penyidik dalam melakukan penyelidikan untuk menentukan seseorang meninggal dunia karena tindak pidana pembunuhan di wilayah Polres Sumenep. Penelitian ini menggunakan yuridis empiris, sumber data yang dikumpulkan berasal dari kepustakaan dan studi lapangan, teknik pengunpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Prosedur penyelidikan menerima laporan, mencari kejanggalan dalam tubuh korban, penangkapan, pemerikasaan tersangka, alat bukti adalah keterangan saksi, ahli, surat dan petunjuk, keterangan terdakwa, barang bukti adalah barang atau benda  yang digunkan unutk melakukan tindak pidana pembunuhan. Hambatan yang terjadi sulitnya saksi dan tidak adanya identitas korban di tempat kejadian perkara.

Kata kunci: Prncarian, Alat Bukti Dan Barang Bukti, Pembunuhan


Full Text:

PDF

References


UNDANG-UNDANG

- Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia 1945

- Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

- Kitab Undang-Undang Hukum Acra pidana

- Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia

- Peraturan Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia

BUKU

- AdamiChazawi, KejahatanTerhadapNyawadanTubuh, Raja Jakarta:Grafindo, 2010

- Hilman Hadikusuma. 1995. Metode Pembuatan Kerja atau Skripsi Ilmu Hukum. Bandar Lampung: Mandar Maju

- I Made Wirartha. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi.

- Romli Atmasasmita. 1984. Bunga Rampai KRIMINOLOGI. Jakarta: CV. Rajawali


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Open Journal System Developer(s)Public Knowledge Project