PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN BPJS KESEHATAN BERDASARKAN PERPRES NOMOR 82 TAHUN 2018 TENTANG JAMINAN KESEHATAN (STUDI DI RSUD dr. SAYIDIMAN MAGETAN)

Amalia Indah Ryani, Ahmad Syaifudin, Ahmad Bastomi

Abstract


ABSTRAK

     Program Jaminan kesehatan Nasional (JKN) yang saat ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi warga Indonesia. Untuk itu, dalam penelitan ini peneliti menemukan adanya permasalahan mengenai pelayanan kesehatan sebagai perlindungan hukum terhadap pasien BPJS Kesehatan serta implementasinya di RSUD dr. Sayidiman Kabupaten Magetan berdasarkan PERPRES Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Penelitian bersifat kualitatif dan menggunakan metode penelitian hukum empiris. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi pasien BPJS Kesehatan di RSUD dr. Sayidiman Magetan dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya faktor-faktor dalam PERPRES No. 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan meskipun dalam pelaksanaan masih terdapat hambatan. Hambatan tersebut salah satunya masih terdapat peserta yang belum mengerti mengenai prosedur pelayanan kesehatan.


Full Text:

PDF

References


Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional Indonesia

PERPRES Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan

Buku

Alexandra Indriyanti Dewi. (2008). Etika dan Hukum Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Chazali H. Situmorang. (2013). Reformasi Jaminan Sosial di Indonesia. Depok: Citra Indonesia

Endang Wahyu Yustani, dan Yohanes Budisarwo. (2020). Hukum Jaminan Kesehatan ( Sebuah Telaah Konsep Negara Kesejahteraan Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan). Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata

Sulastono. (2008). Sistem Jaminan Sosial Nasional Sebuah Introduksi. Jakarta: Rajawali Pers

Susanti Adi Nugraha, (2008), Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau Dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Jurnal

Debra S. S Rumengan, J.M.L., Umboh, G.D. Kandou, (2015), Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado, JIKMU Suplemen, Vol. 5, No. 1

Muhammad Imanudin, A pangeran Moenta, Marwati Riza. (2018). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah di Bidang Kesehatan Masyarakat Melalui Jaminan Kesehatan Nasional. Vol. 2. No. 01

Setiawan, F. E. B. (2018). Sistem Pembiayaan Kesehatan. Magna Medica: Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan. Vol.2, No. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Open Journal System Developer(s)Public Knowledge Project