ASPEK HUKUM PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BALANGAN

Ridhani Surya Buana

Abstract


Penelitian yang berjudul Pengaturan Pengelolaan Limbah Alat Pelindung Diri Covid-19  Di Rumah Sakit Umum bertujuan untuk menganalisis pengaturan pengelolaan  Limbah Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 di Rumah Sakit dan untuk menganalisis prosedur Pananganan Limbah Alat Pelindung Diri (APD) di Rumah Sakit Covid-19. Metode yang digunakan dalah penelitian hukum normatif yang mengkaji peraturan perundang-undagan tentang pengelolaan limbah B3 dalam kaitan ini adalah APD Covid-19.  Latar masalahnya adalah terdapat  kekaburan hukum yang ada dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu penelitian terhadap peraturan yang menjadi dasar hukum dimana adanya aturan yang mengatur mengenai permasalahan yang diangkat tidak jelas  terkait.dengan pengelolaan Limbah APD Covid-19 di Rumah Sakit. Adapun temuan yang didapat adalah Pengelolaan limbah B3 Rumah Sakit mulai pengumpulan, pemilahan, pengangkutan, penyimpanan sementara sampai pemusnahan harus berdasarkan izin limbah B3. Untuk pengumpulan limbah B3  izin dikeluarkan oleh pemerintah daerah,  khusus pengelolaan sampai pemusnahan izin dikeluarkan Menteri Lingkungan Hidup karena menggunakan alat pemusnahan  limbah dengan alat  incinerator yang ada pada beberapa rumah sakit saja. Khusus Pengelolaan Limbah B3 Covid-19 ternyata pemusnahannya sebagaimana perintah Surat Edaran No. SE.2/MENLHK/PSLB3/PLB.3/3/2020  melalui pembakaran dengan incinemartor adalah  berlebihan atau overkill, namun berdasarkan Convensi Basel dari WHO cukup dengan cara penguapan atau autoklaf


Full Text:

PDF PDF

References


Alex S. Nitisemito. 2002. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia

Arikunto, S.2013, .Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Augusty Ferdinand. 2011, Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Endang D.W dan Waridin. 2006. Pengaruh Imbalan, Kondisi Fisik Pekerjaan dan Hubungan antar Karyawan terhadap Prestasi Kerja Tenaga Kerja Paramedis (studi kasus pada RSUD Kota Semarang): Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol 13, No 1, (123), Maret 2006.

George dan Jones, 2005, Understanding and Managing Organizational Behavior 4 th Edition, Pearson Prentice Hall.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

__________2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gujarati, Damodar Dan Sumarsono Zain. 2001. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Hani Handoko. 2001. Manaemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, M. 2001, Organisasi dan Kepuasan Kerja Dasar Peningkatan Produktivitas, Cetakan Ketiga, Penerbit Bumi Aksara: Jakarta

__________. 2004. Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara

I Nyoman Mustika, 2010. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bpr. Picu Manunggal Sejahtera Denpasar. Fakultas Ekonomi Universditas Mahasaraswati Denpasar

Mangkunegara, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Kedua, PT. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Masri Singarimbun & Sofian Effendi, 2006. Metode Penelitian Survai, Jakarta: Pustaka LP3ES.

__________, 1995. Edisi Revisi. “Metode Penelitian Survai”, Edisi Revisi. Jakarta : LP3ES.

Mathis, Robert.L dan John H. Jackson. 2006. Human Resource Management : Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Salemba Empat.

Moekijat, 2002. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. CV. Mandar Maju. Bandung.

Prasetyo Utomo. 2006. Analisis Pengaruh Pemberdayaan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Patra Semarang Convention Hotel.S Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Rahmatullah Burhanuddin Wahab. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar

Rivai, Veithzal., 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori Ke Praktik, Edisi Pertama, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Robbins SP, dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi Buku 2, Jakarta : Salemba Empat

Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sedarmayanti. 2007, Manajemen Personalia dan SDM.Yogyakarta. BPFE.

Setyo wibowo, 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur).

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Bisnis,Bandung: CV. Alphabeta.

Sutrisno, edy, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: kencana

Tika H. Moh. Pabundu, 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan Pertama, PT. Bhumi Aksara, Jakarta.

Umar, Husein.2003. Metodologi Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wagner, John A. & Hollenbeck, John R. 2009. Organizational Behavior: Securing Competitive Advantage. New Yor: Routledge.

Wibowo. 2008. Manajemen Kinerja. Edisi ketiga. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Widayat, 2004. Metode Penelitian Pemasaran (Aplikasi SoftwareSPSS). Malang : UMM Press.

Winardi. 2006. Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wirawan. 2015. Kepemimpinan. Teori, Psikologi, Prilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Yahya, K Khulida. 2009. Linking organizational Structure, Job Characteristic and Job Performance Construct: A Proposed Framework: International Journal of Business and Management, Vol 4, No 3, (145-152) march 2009.

Yukl, Gary A, 2000. Managerial Leadership: A Review of Theory and Research, Journal of Management, Vol 15, No.2, 251-289.

Perundang-undangan

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 167 Tahaun 2020 tentang Pengelolaan Limbah B3 Medis pada Fasyankes Darurat Covid-19

Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 02 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Limbah Infeksius (Limbah B3) dan Sampah Rumah Tangga dari Penanganan Covid-19

Surat Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 No. 156 Tahun 2020 Perihal Pengelolaan Limbah B3 Masa Darurat Penanganan Covid-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Open Journal System Developer(s)Public Knowledge Project