ANALISIS FAKTOR KESIAPAN AKADEMIK TERKAIT ORIENTASI TUJUAN DAN GENDER TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Amanita Dias Ezha Putri, Shinta Kusumawati, Marindra Firmansyah

Abstract


Pendahuluan: Orientasi tujuan dan gender merupakan faktor yang membentuk tingkat kesiapan akademik. Tingkat kesiapan akademik yang tinggi berdampak pula pada tingginya prestasi akademik yang akan diraih. Peneliti ingin menganalisis faktor kesiapan akademik terkait orientasi tujuan dan gender terhadap prestasi akademik, serta mengetahui perbedaan tingkat kesiapan akademik mahasiswa kedokteran antar angkatan.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasi deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Orientasi tujuan diukur menggunakan kuesioner terjemahan langsung Academic Readiness Questionnere (ARQ) yang terdiri dari 22 pertanyaan serta menggunakan data sekunder. Analisa data menggunakan jalur Partial Least Squares (PLS) dengan teknik Structural Equation Model (SEM) menggunakan aplikasi Smart-PLS versi 3.0 dan uji komparatif one-way ANOVA menggunakan aplikasi SPSS versi 17.0.

Hasil: Kesiapan akademik dibentuk oleh orientasi tujuan (T-statistik=10,074) dan gender (T-statistik=1,209) dengan nilai R2=0,253. Kesiapan akademik berpengaruh terhadap prestasi akademik (T-statistik =0,141) dengan nilai R2=0,028. Model yang dibuat memiliki tingkat kesesuaian yang moderate (GoF 0,340). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kesiapan akademik antar angkatan dengan nilai signifikansi 0,092.

Kesimpulan: Faktor orientasi tujuan lebih berpengaruh secara signifikan dibandingkan faktor gender dalam membentuk tingkat kesiapan terhadap prestasi akademik. Tidak terdapat perbedaan secara signifikan tingkat kesiapan akademik yang dimiliki mahasiswa antar angkatan.

Kata Kunci: Orientasi tujuan, gender, kesiapan akademik, prestasi akademik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.