ANALISIS FAKTOR KESIAPAN AKADEMIK TERKAIT EFIKASI BELAJAR DAN JUMLAH SATUAN KREDIT SEMESTER (SKS) TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Mira Septiana Kushandika Putri, Shinta Kusumawati, Marindra Firmansyah

Abstract


Pendahuluan: Prestasi akademik mahasiswa pada semester pertama cenderung rendah dan akan meningkat pada semester berikutnya, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya kesiapan akademik. Kesiapan akademik mahasiswa dibentuk oleh beberapa faktor antara lain efikasi belajar, jumlah SKS, orientasi motivasi berprestasi, dukungan terintegrasi, orientasi tujuan, dan perilaku membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis faktor terkait kesiapan akademik yang dibentuk oleh efikasi belajar dan jumlah SKS yang mempengaruhi prestasi akademik, serta untuk mengetahui perbedaan tingkat kesiapan akademik terkait efikasi belajar.

Metode: Sampel penelitian adalah 240 mahasiswa PSPD FK UNISMA dan dianalisis menggunakan analisa jalur Partial Least Squares (PLS) dengan teknik Structural Equation Model (SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.3.2 serta uji komparatif One-way ANOVA.

Hasil: Kesiapan akademik dibentuk oleh efikasi belajar (T-statistik=12,479) dan jumlah SKS (T-statistik=26,570) keduanya memiliki nilai R2=0,722. Kesiapan akademik berpengaruh terhadap prestasi akademik (T-statistik=5,166 dan R2=0,098). Model yang dibuat memiliki tingkat kesesuaian yang kuat dengan GoF 0,528. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kesiapan akademik antar angkatan dengan nilai p >0,05.

Simpulan: Kesiapan akademik dibentuk oleh efikasi belajar dan jumlah SKS dan mempengaruhi prestasi akademik. Tidak terdapat perbedaan secara signifikan tingkat kesiapan akademik yang dimiliki mahasiswa antar angkatan.

Kata Kunci: Kesiapan akademik, efikasi belajar, jumlah SKS, prestasi akademik, mahasiswa kedokteran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.