ANALISIS FAKTOR REGULASI BELAJAR MANDIRI TERKAIT MASTERY ORIENTED GOALS DAN TASK VALUE PERCEPTION TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Rahma Fitri W, Rima Zakiyah, Marindra Firmansyah

Abstract


Pendahuluan: Prestasi akademik mahasiswa memiliki hasil yang kurang optimal dibuktikan dengan Indeks Prestasi yang cenderung rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diataranya adalah regulasi belajar mandiri. Regulasi belajar mandiri dibentuk oleh beberapa faktor, yakni kesadaran pengetahuan metakognisi, pengalaman belajar sebelumnya, efikasi diri, performance goals, dukungan eksternal, serta Mastery Oriented Goals dan Task Value Perception. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor regulasi belajar mandiri terkait Mastery Oriented Goals dan Task Value Perception terhadap prestasi akademik mahasiswa.

Metode: Desain penelitian adalah observasi deskriptif analitik. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner yang telah tervalidasi oleh Balapumi kepada 175 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sedangkan data prestasi akademik diperoleh dari Program Studi Kedokteran. Analisa data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi SMART Partial Least Square (PLS) 3.0.

Hasil: Mastery Oriented Goals (Tstatistik 5.267 Pvalue 0.000) dan Task Value Perception (Tstatistik 2531 Pvalue 0.000) menjelaskan 63,4% dari regulasi belajar mandiri (R2 0.634) dan memiliki hubungan yang signifikan. Regulasi belajar mandiri menjelaskan 3,8% dari prestasi akademik (R2 0.038) dan memiliki hubungan yang signifikan (Tstatistik 2.531 Pvalue 0.006). Uji Goodness of Fit didapatkan hasil 0.415 yang mengindikasikan bahwa model memiliki kesesuaian yang kuat.

Kesimpulan: Mastery Oriented Goals dan Task Value Perception positif signifikan membentuk regulasi belajar mandiri, dan regulasi belajar mandiri tidak berpengaruh positif terhadap prestasi akademik.

Kata Kunci: Regulasi Belajar Mandiri, Mastery Oriented Goals, Task Value Perception, Prestasi Akademik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.