ANALISIS FAKTOR KESIAPAN AKADEMIK TERKAIT SOSIAL-EKONOMI DAN DUKUNGAN TERINTEGRASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Ade Maulia Firdani, Lutfi Rachman, Marindra Firmansyah

Abstract


Pendahuluan: Mahasiswa memiliki hasil prestasi akademik yang bervariatif karena memiliki tingkat kesiapan akademik yang berbeda. Tingkat kesiapan akademik ini dibentuk oleh berbagai faktor termasuk sosial-ekonomi dan dukungan terintegrasi. Jika kedua faktor tersebut terpenuhi secara baik maka akan mempermudah mahasiswa untuk menjalani proses pembelajaran, sehingga prestasi akademik dapat dicapai dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis faktor kesiapan akademik yang terkait dengan sosial-ekonomi dan dukungan terintegrasi serta pengaruhnya terhadap prestasi akademik mahasiswa.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional.  Sampel penelitian berjumlah 243 responden yang diambil dengan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisa jalur Partial Least Square (PLS) dengan teknik Structural Equation Model (SEM) analisis faktor kesiapan dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik.

Hasil: Sosial-ekonomi dan dukungan terintegrasi dalam membentuk kesiapan akademik memiliki R2 sebesar 0.813 dengan sosial-ekonomi (t-statistik 7.000) dan dukungan terintegrasi (t-statistik 7.717) sehingga menunjukkan pengaruh yang signifikan. Sedangkan pengaruh kesiapan akademik terhadap prestasi akademik menunjukkan R2 sebesar 0.002 dan (t-statistik 0.676) menunjukkan pengaruh positif namun tidak signifikan.

Kesimpulan: Kesiapan akademik dibentuk oleh dimensi sosial-ekonomi dan dukungan terintegrasi serta berpengaruh positif terhadap prestasi akademik.

Kata Kunci: Dukungan terintegrasi, social-ekonomi, kesiapan akademik, dan prestasi akademik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.