ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USIA HARAPAN HIDUP PASIEN HIV DI RUMAH SAKIT X KOTA MALANG

Chikita Dearenca Hanovri Dewi, Dini Sri Damayanti, Andri Tilaqza

Abstract


Pendahuluan: Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyerang limfosit yang mengakibatkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Penurunan kekebalan tubuh ini akan menyebabkan menurunnnya harapan hidup pasien HIV. Harapan hidup dapat dipengaruhi dengan kadar CD4, tingkatan stadium HIV, jenis infeksi oportunistik yang menyertai, pemberian ARV dan antibiotik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi harapan hidup pasien HIV di Rumah Sakit kota Malang

Metode: Penelitian non-eksperimental dilakukan secara Analitic Observational studi Retrospektif Sampling dengan menggunakan desain Deskriptif Analitik, menggunakan data rekam medik pada pasien HIV di Rumah Sakit X Malang tahun 2015-2018 sebagai sampel dengan menggunakan metode Total Sampling. Data dianalisa menggunakan uji Chi Squre.

Hasil: Total 31 sampel didapatkan harapan hidup pasien HIV tidak dipengaruhi oleh faktor jenis kelamin (p=0,121) (p>0,05), jenis infeksi (p=0,659) (p>0,05), kadar CD4 (p=invalid), stadium HIV (p=0,234) (p>0,05), dan penggunaan ARV (p=0,751) (p>0,05).

Kesimpulan: Hubungan harapan hidup pasien tidak terdapat perbedaan yang signifikan HIV terhadap jenis kelamin, jenis infeksi, CD4, stadium HIV, dan pengguanaan ARV dipengaruhi oleh jenis kelamin, jenis infeksi, CD4, stadium HIV, dan pengguanaan ARV. Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan jumlah sampel yang lebih besar.

Kata Kunci: HIV, stadium HIV, Infeksi oportunistik, ARV, antibiotik, usia harapan hidup


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.