STUDI In Silico DAN HUBUNGAN KUANTITATIF STRUKTUR-PROPERTI (HKSP) SENYAWA TURUNAN PINOCEMBRIN SEBAGAI ANTIKANKER PAYUDARA MELALUI HAMBATAN ENZIM AROMATASE

Indra Sulistiono, Andri Tilaqza, Anita Puspa Widiyana

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Penyebab utama terjadinya kanker payudara yaitu adanya peningkatan kadar estrogen yang dimediasi oleh aktivitas dari enzim aromatase. Enzim aromatase merupakan salah satu enzim yang termasuk kedalam enzim sitokrom p450 yang merangsang pembentukan estrogen melalui proses aromatisasi dengan mengubah androstenedion menjadi estron, testosterone menjadi estradiol dan androgen menjadi estrogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dari senyawa turunan pinocembrin dalam menghambat aktivitas dari enzim aromatase.

Metode: Penelitian ini dilakukan dengan docking senyawa turunan pinocembrin dengan protein target yaitu aromatase inhibitor dengan menggunakan AutoDock Tools dan prediksi sifat fisikokimia, farmakokinetik serta toksisitas menggunakan ChemBio Draw dan ADMET Lab 2.0.

Hasil: Hasil docking molekul didapatkan bahwa semua senyawa turunan pinocembrin memiliki afinitas yang tinggi terhadap enzim aromatase, penambahan cincin aromatis serta subtituen memberikan pengaruh terhadap afinitas senyawa turunan pinocembrin. Akan tetapi, pada pengujian HKSP yang dilakukan antara parameter fisikokimia dengan hasil docking molekul menunjukkan tidak adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara kedua parameter tersebut.

Kesimpulan: Senyawa turunan pinocembrin (Boesenbergia pandurata Roxb) memiliki afinitas tinggi terhadap enzim aromatase sehingga berpotensi menghambat aktivitas dari enzim aromatase dalam sintesis estrogen.

Kata Kunci: Kanker Payudara; Enzim Aromatase; Docking molekul.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.