Aktivitas Antiinflamasi Ekstrak Etanol Kulit Buah Matoa (Pometia pinnata)

Putri Harfiah Amalia, Denis Mery Mirza, Andri Tilaqza

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: matoa ialah tanaman herbal yang dimanfaatkan secara empiris karena kandungan flavonoid, alkaloid, saponin, tanin, fenol, serta terpenoid. Senyawa yang terkandung pada matoa digunakan untuk menjaga kekebalan tubuh dan masalah kesehatan lain seperti radang, alergi, dan lain-lain. Bagian kulit buah matoa kurang dimanfaatkan dengan baik, sehingga aktivitas antiinflamasi ekstrak etanol kulit buah matoa menjadi tujuan pada penelitian ini.

Metode: Ultrasound-Assisted Extraction sebagai metode yang digunakan untuk ekstraksi kulit buah matoa dengan menggunakan pelarut etanol 96%. Hasil ekstraksi lalu dipekatkan dengan rotary evaporator. Hasil ekstraksi berupa ekstrak kental kemudian dilakukan skrining fitokimia dengan penambahan reagen tertentu. Pengujian antiinflamasi dilakukan dengan pemberian karagenan sebanyak 0,2 mL secara intraplantar kemudian pengukuran volume edema dilakukan dengan plethysmometer. Penelitian melibatkan 25 ekor hewan coba dan dibagi kedalam beberapa kelompok perlakuan, antara lain kontrol negatif (CMC-Na), kontrol positif (asam mefenamat 9 mg/kgBB), kelompok perlakuan I (50 mg/kgBB), II (100 mg/kgBB), dan III (200 mg/kgBB). Data yang didapat kemudian dilakukan analisa statistik Kruskal-wallis (p≤0.05).

Hasil: hasil skrining fitokimia pada ekstrak positif terdapat tanin, saponin, alkaloid, flavonoid, dan terpenoid. Aktivitas antiinflamasi paling baik ditunjukkan oleh kelompok perlakuan II diantara perlakuan dosis ekstrak dengan rata-rata nilai AUC volume edema 4,37 mL jam dan persentase inhibisi inflamasi sebesar 15,15%. Hasil pengujian statistika menunjukkan kelompok perlakuan dosis ekstrak tidak ada perbedaan signifikan dibandingkan dengan kontrol positif (p≤0.05).

Kesimpulan: ekstrak etanol kulit buah matoa memiliki aktivitas antiinflamasi paling tinggi pada dosis 100 mgkgBB.

Kata kunci: antiinflamasi; etanol; Pometia pinnata


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.