UJI AKTIVITAS ANTIINFLAMASI EMULGEL ASAM MEFENAMAT DENGAN PERBEDAAN JENIS GELLING AGENT

Indah Sintia Ningrum, Andri Tilaqza, Ike Widyaningrum

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan : Obat golongan NSAID sering digunakan secara oral untuk penyakit terkait inflamasi seperti osteoarthritis. Penggunaan obat ini dalam jangka panjang menyebabkan iritasi lambung. Sehubungan dengan hal tersebut diperlukan penggunaan NSAID dengan rute lain. Tujuan penelitian ini membuat sediaan topikal emulgel asam mefenamat dengan berbagai jenis gelling agent.

Metode : Dilakukan pengujian sifat fisik (Organoleptis, Daya sebar, Homogenitas, Viskositas), kimia (pH) dan aktivitas antiinflamasi in vivo sediaan emulgel dari 3 jenis gelling agent yaitu Carbomer, Xanthan gum dan Hydroxy Prophyl Methyl Celulose (HPMC). Aktivitas antiinflamasi diuji secara in vivo. Terdapat  4 kelompok (kelompok negatif serta 3 kelompok perlakuan) setiap kelompok ada 6 ekor. Setiap perlakuan tikus diinduksi karagenan 1% pada telapak kaki kiri belakang dan diukur tebal edema dengan jangka sorong.

Hasil : uji organoleptis semua formula konsistensinya kental, warna putih sampai putih kekuningan dan bau lemah gelling agent. uji homogenitas semua formula adalah sediaan homogen. Uji viskositas formula 1 memiliki viskositas tertinggi dengan rata-rata 18590 mPas. uji daya sebar formula 2 mempunyai daya sebar tertinggi. Uji derajat keasaman formula 1 mempunyai derajat keasaman tertinggi (pH = 7,52). Uji antiinflamasi formula 1 pada jam ke enam mengalami penurunan yang paling besar, Uji statistik hasilnya ada perbedaan bermakna antara kelompok negatif dan kelompok perlakuan (p<0,05).

Kesimpulan : Tiga jenis gelling agent berbeda bermakna secara sifat fisik dan kimia dengan kontrol negatif. Hasil terbaik dari ketiga formula yaitu formula 1 Carbomer 2%.

Kata kunci : Gelling agent, emulgel asam mefenamat, sifat fisik, sifat kimia, antiinflamasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.