Pengujian Sifat Fisika dan Kimia Sediaan Emulgel dan Krim Asam Mefenamat

Siti Rochmatia, Andri Tilaqza, Ike Widyaningrum

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Rute topikal adalah rute yang langsung diaplikasikan dikulit untuk mendapatkan efek lokal. Sediaan topikal ada beberapa macam yaitu  salep, gel, krim emulgel. Emulgel ialah  sediaan dengan bentuk semisolida menggunakan  rute topikal ketika gel dan emulsi dikombinasi. Sedangkan Krim ialah  sediaan dengan bentuk semisolid yang memiliki kandungan satu maupun lebih dari bahan obat yang  terlarut menggunakan bahan yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan sediaan emulgel dan krim dengan bahan aktif asam mefenamat terhadap sifat sediaan secara fisika maupun kimia sediaan.   

Metode: Pengujian dilakukan dengan uji sifat secara fisika (organoleptis, daya sebar, homogenitas, viskositas) maupun kimia (pH) dianalisa t-test independent.

Hasil: Hasil sediaan emulgel dan krim asam mefenamat dari pengujian organoleptis memiliki konsistensi semisolid, warna putih, aroma lemah. Pengujian homogenitas didapatkan hasil semua sediaan  homogen. Pengujian viskositas didapatkan nilai viskositas emulgel (741,5 mPa.s) , krim (344,0 mPa.s) dengan nilai beda bermakna (p<0,05). Pengujian daya sebar dengan formula TB, B1, B2 didapatkan hasil rata-rata tertinggi B2 dengan nilai tidak beda bermakna (p>0,05). Derajat keasaman (pH) nilai rata-rata formula emulgel (6,30±0,17) dan krim (6,96±0,13) dengan nilai tidak beda bermakna (p>0,05).

Kesimpulan: Emulgel asam mefenamat dan krim asam mefenamat dengan hasil organoleptis konsistensi semisolid, warna putih dan aroma lemah, hasil kedua sediaan homogen, viskositas yang berbeda secara signifikan (p<0,05), daya sebar dan pH tidak beda signifikan (p>0,05).

 

Kata Kunci: Rute topikal, asam mefenamat, emulgel, krim, t-test independent

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.