HUBUNGAN POLIFARMASI DENGAN POTENSI DAN TINGKAT KEPARAHAN INTERAKSI OBAT PADA RESEP ANTIHIPERTENSI DI KRIMS

Nafisaturrohmah Romadhoni, Dewi Martha Indria, Nugroho Wibisono

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Polifarmasi merupakan penggunaan obat dalam jumlah banyak dalam satu resep sehingga hal tersebut akan meningkatkan potensi terjadinya interaksi obat dan mempengaruhi tingkat keparahan interaksi obatnya. Semakin banyak jumlah obat yang digunakan dalam satu resep maka semakin banyak pula potensi interaksi obat yang terjadi.  Hipertensi dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Pasien hipertensi dengan komplikasi akan menerima terapi lebih dari satu obat dalam sekali penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan polifarmasi dengan potensi dan tingkat keparahan interaksi obat pada peresepan obat antihipertensi.

Metode: Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik rancangan cross sectional. Subjek penelitian menggunakan resep antihipertensi di Klinik Rawat Inap Muslimat Singosari (KRIMS) periode November 2021-Mei 2022 sebanyak 195 resep. Resep yang terkumpul dianalisis interaksi obat dan tingkat keparahan menggunakan website Drug Interaction Checker. Analisis data menggunakan uji chi-square dan dilanjutkan dengan uji korelasi Spearman, dikatakan signifikan bila p<0,05.

Hasil: Pada peresepan antihipertensi di KRIMS polifarmasi mayor sebanyak 107 resep (54,9%) lebih banyak daripada polifarmasi minor sebanyak 88 resep (45,1%). Terdapat hubungan yang signifikan antara polifarmasi dengan interaksi obat dan tingkat keparahan interaksi obat dengan nilai p 0,000. Analisis interaksi menunjukkan sebanyak 49 kejadian (23,2%) interaksi farmakokinetik dengan tingkat keparahan mayor sebanyak 54 kejadian (25,6%).

Kesimpulan: Kajian resep di KRIMS menunjukkan terdapat hubungan antara polifarmasi dengan interaksi obat dan tingkat keparahan yang artinya dengan banyaknya jumlah obat atau polifarmasi maka akan meningkatkan potensi interaksi obat dan mempengaruhi tingkat keparahan yang terjadi.

Kata Kunci: Polifarmasi; interaksi obat; tingkat keparahan interaksi obat; antihipertensi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.