PERBEDAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI SELAMA PEMBELAJARAN DARING ANTAR TINGKAT MAHASISWA KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Pembelajaran daring menuntut mahasiswa untuk lebih memiliki motivasi belajar dan hasil pembelajaran daring sangat dipengaruhi oleh motivasi tersebut. Lingkungan belajar yang efektif dan kondusif akan menciptakan kelancaran pada proses pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang optimal pada pembelajaran.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan metode pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 79 mahasiswa klinik FK UNISMA tingkat awal yang termasuk angkatan 2020 dan 113 mahasiswa klinik FK UNISMA tingkat akhir yang termasuk angkatan 2018 dan 2019. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat.
Hasil: Hasil uji komparasi Mann-Whitney didapatkan nilai p 0,01 yang menunjukkan bahwa perbedaan persepsi lingkungan mahasiswa klinik tingkat awal dan tingkat akhir bermakna. Hasil uji komparasi Mann-Whitney juga didapatkan nilai p 0,038 yang menunjukkan bahwa perbedaan motivasi belajar mahasiswa klinik tingkat awal dan tingkat akhir bermakna.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan persepsi lingkungan belajar yang signifikan antara mahasiswa klinik tingkat awal dan tingkat akhir yang menempuh pembelajarn daring selama pandemi COVID-19 di FK UNISMA dan perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa klinik tingkat awal dan tingkat akhir yang menempuh pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di FK UNISMA.
Â
Kata Kunci : lingkungan belajar, motivasi belajar, pembelajaran daring
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.