ANALISA ITEM MINI QUIZ DAN KORELASI PRIOR KNOWLEDGE TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNISMA

Laili Liutammima, Erna Sulistyowati, Rizky Anisa

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan :Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran menggunakan skenario sebagai pemicu untuk mempelajari learning objective tertentu. Skenario tersebut diharapkan dapat menambah dan membangun pengetahuan yang baru untuk pengayakan pengetahuan yang telah ada sebelumnya. Prior Knowledge merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan PBL, dapat dilihat dari prestasi akademik mahasiswa. Pada penelitian ini, kami melakukan uji item analysis pada mini quiz yang digunakan. Setelah itu, menganalisis korelasi Prior Knowledge dengan prestasi akademik mahasiswa program studi Sarjana Kedokteran pada blok Muskuloskeletal, Patologi Respirasi dan Psikiatri. Tujuan penelitian ini mengetahui analisa item soal mini quiz dan korelasi Prior Knowledge terhadap prestasi akademik mahasiswa prodi Kedokteran.UNISMA.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang menggunakan pendekatann Cross Sectional melalui pre dan post-test. Responden pada penelitian ini yang memenuhi kriteria inklusi berjumlah 249 mahasiswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan mini quiz yang dilakukan pada awal blok dan pada akhir blok. Analisa item yang dilakukan yaitu reliabilitas dengan Cronbach’ alpha. Uji Validitas item dilakukan dengan uji product moment, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman, hasil dikatakan signifikan apabila p,<0,05.

Hasil : Hasil analisa Cronbach’s alpha pada blok Muskuloskeletal, Patologi Respirasi dan Psikiatri berturut turut adalah 0,667, 0,689 0,679, menunjukkan reliabilitas yang tinggi. Soal mini quiz pada penelitian ini merupakan soal yang baik karena valid, reliabel, tingkat kesukaran bervariasi serta daya pembeda yang baik. Hasil analisa statistik Prior Knowledge terhadap prestasi akademik mahasiswa menunjukkan tidak terdapat korelasi, pada blok Muskuloskeletal didapatkan nilai p 0.783, Patologi Respirasi p 0,397 dan Psikiatri p 0.023 menunjukkan terdapat korelasi tetapi memiliki tingkat kekuatan korelasi 0,255 yang menunjukkan korelasi sangat lemah.

Kesimpulan : Tidak terdapat korelasi antara Prior Knowledge dengan prestasi akademik mahasiswa Kedokteran UNISMA.

Kata kunci : Prestasi Akademik, Prior Knowledge, Item Analysis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fitri, A. D. Penerapan problem based learning (PBL) dalam kurikulum berbasis kompetensi. Jambi Medical Journal. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan.,4(1). (2016)

Situmeang, I. Prior Knowledge Peserta Didik Pada Problem Based Learning. 8, 80–87 (2018).

Wood,D.F. ABC of Learning and Teaching in Medicine. Problem Based Learning. British Medical Journal,. 326.(2003).

Munshi, F. M., El Zayat, E. S. A., & Dolmaans, D. H. Development and utility of a questionnaire to evaluate the qualityof PBL problems. South East Asian Journal of Medical Education, 2(2), 32-40 (2008).

Nurliyanto, D. Test Item Analysis Of The Final Examination On Economics Subject In Grade Xii Ips Sma Negeri Banyumas Academic Year 2014/2015. CNR-ISTI Tech. Rep. 3, 356–369 (2015).

Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .(2012).

Ramadhani, M. C., Kantun, S. & Widodo, J. Analisis Validitas dan Tingkat Kesukaran Soal Latihan Evaluasi Akhir Tahun pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA Kelas XI. J. Artik. Has. Penelit. Mhs. Univ. Jember 1, 1–7 (2014).

Prianto, A., Qusthonthiniyah, A., Septiana, A,. Tosiana, R., Ariani, N., Maulidyah, D., Fauzi,A. Capaian akademik mahasiswa ditinjau dari perbedaan gender. Pros. Semin. Nas. IV 2018 Peran Biol. Dan Pendidik. Biol. Dalam Revolusi Ind. 4.0 dan Mendukung Pencapaian Sustain. Dev. Goals 62–67 (2018).

Yuananto Larasati, Y. A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi (Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya). (2014).

Prapdopo and Fariyanti. ‘Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa’. J.eksis 12(1), pp. 3267–3273. (2016)

Ismawati, R. & Trisnowati, E. Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) Mahasiswa Pada Materi Termokimia. Phenom. J. Pendidik. MIPA 9, 65–76 (2019).

Afandi, D., Budiningsih, Y., Safitry, O. & Purwadianto, A. Analisis Butir Uji , Reliabilitas, dan Validitas Tes Kaidah Dasar Bioetika Item Analysis , Reliability and Validity Principle Based-of Bioethic ’ s Test. Maj Kedokt. Indon 58, 205–210 (2008).

Palimbong J., Mujasam, Albert A. Item Analysis Using Rasch Model in Semester Final Exam Evaluation Study Subject in Physics Class X TKJ SMK Negeri 2 Manokwari. Phys. Educ. J. 1, 1–9 (2018).

Hartati, N. & Yogi, H. P. S. Item Analysis for a Better Quality Test. English Lang. Focus 2, 59 (2019).

Wahyuni, S. Item Analysis Blok Imunologi Dan Neoplasma Ta 2015-2016 Di Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Malikussaleh. J. Kedokt. dan Kesehat. Malikussaleh 1, 15 (2018).

Zein, A., Fadillah, M. & Novianti, R.Hubungan Antara Validitas Butir, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Ujian Semester Genap Bidang Studi Biologi Kelas Xi Sma / Ma Negeri Di Kota Padang Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Semirata 2013 FMIPA Unila 1–9 (2013).

Fatimah,L,Alfath,K.Analisis Kesukaran Soal, Daya pembeda dan Fungsi Distraktor. J. Mater. Process. Technol. 1, 1–8 (2019).

Kharisman, I, Murkati , Putranto, R. P. . Hubungan Diskusi Tutorial dengan Pencapaian Learnin Objectives Blok Hematologi Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. 3, 10–16. (2014).

Sari, R. M. ‘Perbedaan Nilai Pretest Dan Posttest Mahasiswa Angkatan 2017 Dalam Kegiatan Case Based Learning Blok 5 PSPDG UMY’, Journal of Materials Processing Technology, 1(1), pp. 1–8. (2018).

Fadli, R. Peran Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Perilaku Profesionalisme Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya) (2016).

Astuti, S. P. Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar. J. Form. 5, 68–75 (2015).

Ningsih, U. S. & Khoiriyah, U. Peran Prior Knowledge terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa Kedokteran dalam Tutorial.J. Kedokt. UNILA 1, 302–307 (2016).

Prakasa, Z. T. G., Anisa, R., & Sulistyowati, E. Korelasi Kemandirian Belajar dan Kemampuan Reporting terhadap Nilai Ujian Akhir Blok Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran. Jurnal Bio Komplementer Medicine,17(2), 1-9 (2020).

Purhadi, L.I.O., Anisa, R., & Firmansyah, M. Korelasi Antara Kualitas Skenario dan Keefektifan Diskusi Tutorial Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Bio Komplementer Medicine,7(2),1-11 (2020).

Nugroho, M. S. N., Anisa, R., & Firmansyah,M. Korelasi Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 7(2), 1-10 (2020).

Hasanuddin, M. I. Pengetahuan Awal (Prior Knowledge): Konsep dan Implikasi dalam Pembelajaran. Edisi 2, 217–232 (2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.