Analisa Faktor Pemberian ASI Eksklusif dan Pengetahuan Ibu terhadap Status Gizi Balita Usia 0-6 Bulan di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang

Sylma Okta Fianasari, Dini Sri Damayanti, Dewi Martha Indria

Abstract


Pendahuluan : Masalah gizi anak di Indonesia mengalami kenaikan dari tahun 2017 sampai 2018 jumlah status gizi buruk 3,9% dan gizi kurang 13,8%. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Malang angka status gizi buruk meningkat 0,90% tahun 2013. Hasil survey Puskesmas Pujon tahun 2015 balita stunting di Kecamatan Pujon 31,5%. Pemberian ASI ekskluif dapat meningkatkan status gizi balita sehingga pertumbuhan dan perkembangannya optimal. Baru sekitar 29,5% balita 0-6 bulan di Indonesia yang mendapatkan ASI eksklusif. Masalah gizi dapat disebabkan faktor lain seperti kurangnya pengetahuan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dan pengetahuan ibu terhadap status gizi balita 0-6 bulan.  

Metode : Penelitian dengan studi cross sectional. Responden ibu yang memiliki balita usia 0-6 bulan di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Penelitian mdengan data primer, meminta responden untuk mengisi kuesioner penelitian secara langsung saat pelaksanaan Posyandu. Data dianalisis menggunakan uji korelasi spearman dengan tingkat signifikansi p<0,05  dilanjutkan dengan uji chi square, odds ratio dan fisher exact test.

Hasil : Terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan ibu dan pemberian ASI eksklusif (p=0,001) dan ibu yang memiliki pengetahuan yang baik cenderung memberikan ASI eksklusif 8,778 kali dibanding ibu dengan pengetahuan kurang. Namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dan status gizi (p=0,087) begitupun dengan pemberian ASI dan status gizi tidak terdapat hubungan yang signifikan (p= 0,289).

Kesimpulan : Terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan ibu dan pemberian ASI yaitu ibu pengetahuan baik cenderung memberikan ASI secara eksklusif , namun tidak terdapat hubungan signifikan antara pemberian ASI dan pengetahuan ibu terhadap status gizi.

Kata Kunci : status gizi, pengetahuan ibu, pemberian ASI eksklusif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.