STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN KEBUTUHAN AIR EMBUNG UNTALAN 1 KARANGASEM BALI

Wahyu Nugroho, Eko Noerhayati, Anita Rahmawati

Abstract


ABSTRAK

            Kebutuhan air merupakan air yang dibutuhkan untuk menunjang segala kegiatan manusia meliputi air domestik dan nondomestik. Desa Untalan I, Kabupaten Karangasem, terletak di bagian ujung timur pulau Bali, mengalami kekeringan bahkan sulit untuk mendapatkan air dari tahun ke tahun. Solusi yang diberikan oleh pemerintah setempat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan membangun embung guna perbaikan, pengembangan, dan konservasi sumber daya air. Pada awal tahun 2020 pemerintah melakukan pembangunan embung, Embung merupakan tampungan yang berfungsi untuk menyimpan air pada waktu kelebihan agar dapat dipakai pada waktu yang diperlukan. Perlu bekerja keras untuk memecahkan masalah dan perencanaan teknis untuk mendapatkan fungsi dan manfaat dari sistem manajemen air yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan embung yang telah dibangun di Desa Untalan Kabupaten Karangasem Provinsi Bali yang berfokus pada bagaimana kinerja embung untalan ditinjau dari aspek fisik, aspek pemanfaatan dan aspek operasional dan pemeliharaan. Metode yang digunakan adalah Metode Observasi dan Analisis deskripstif yaitu, menguraikan hasil penelitian dengan memberikan nilai tertentu terhadap setiap aspek. Hasil penelitian untuk kondisi fisik dinilai melalui kinerja adalah diperoleh 3,1 yang dapat dikategorikan Baik. Pada aspek pemanfaatan diperoleh 3,21 dapat dikategorikan Baik. Sedangkan aspek operasional dan pemanfaatan diperoleh 66,01 dalam kondisi cukup dengan rekomendasi penanganan melalui pemeliharaan intensif.

Kata Kunci: Embung Untalan, Evaluasi Kinerja, Metode Observasi


References


Dethan, Y., Bunganaen, W., & Messah, Y. A. (2015). Evaluasi Kinerja Embung Oeltua. 1, 14.

Gancakra Pribadi, Eko Noer Hayati, A. R. (2018). Perencanaan Sistem Jaringan Air Bersih pada Perumahan The Araya Cluster Jasmine Valley Kota Malang. Rekayasa Sipil, 6, `116-121.

Naufal Alif Y., Noerhayati, E., & Suprapto, B. (t.t.). Studi Perencanaan Pipa Distribusi Air Bersih PDAM Di Desa Klagen Dan Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.

Bria, Melchior, Sutirto Sutirto, dan Anastasia H. Muda. "Penilaian Kinerja Embung Haliwen Berdasarkan Kriteria Pemeliharaan Embung Irigasi." Jurnal Poli-Teknologi 17.1 (2018).

Rahmadana, A. (2013). Studi Pengaturan Air Untuk Meningkatkan Kinerja Waduk Batutegi. Tesis Magister Pengelolaan Air dan Air Limbah, Program Pascasarjana, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Novisaputri, E., Noerhayati, E., & Rahmawati, A. (2022). Studi Evaluasi Pemanfaatan Embung Jambesari Untuk Air Irigasi Desa Sumberjambe Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Rekayasa Sipil, 12(4), 31–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA