STUDI PENINGKATAN JALAN DENGAN LAPIS TAMBAH PERKERASAN METODE BINA MARGA MDPJ 2017 RUAS JALAN KREBET KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG

Misbakhul Munir Al khadziq, Azizah Rokhmawati, Ita Suhermin Ingsih

Abstract


ABSTRAK

Jalan adalah infrastruktur transportasi darat yang mencakup semua bagian jalan, termasuk bangunan pendukung dan perlengkapannya yang digunakan untuk lalu lintas, yang berada di permukaan tanah, di atas tanah, di atas air, atau di bawah tanah dan air, kecuali jalan kereta api, jalan truk, dan jalan kabel (Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006). Drainase jalan adalah proses pengeringan atau pembuangan kelebihan air di suatu daerah, termasuk air permukaan dan air di bawah permukaan tanah. Terdapat penurunan kualitas kelayakan pada perkerasan lentur ruas jalan Krebet – Gondanglegi Kabupaten Malang, terutama bagian permukaan jalan mengalami kerusakan berupa retak, aus, dan berlobang yang dapat menimbulkan genangan air pada saat musim hujan. Limpasan air hujan pada ruas jalan tersebut belum terkondisi dengan baik dikarenakan belum adanya saluran drainase yang memadai yang mengakibatkan genangan air pada ruas jalan ketika terjadi hujan. Maka dibutuhkan peningkatan jalan berupa overlay atau menambah tebal lapis permukaan dengan menggunakan  Data LHR (Lalu lintas Harian Rata-rata) dan Data lendutan sebagai data kemudian di hitung dengan metode MDPJ 2017, sedangkan perencanaan drainase menggunakan metode RAPS untuk mengetahui uji konsistensi curah hujan, analisis metode Log Person III untuk mengetahui curah hujan maksimum, menghitung debit rancana dengan ketentuan nilai (Qr) harus sama dengan debit eksisting (Qeks).Dari hasil perhitungan sehingga dapat menentukan dimensi kapasitas saluran drainase.

Kata Kunci : Kerusakan jalan, Overlay, Drainase, Kabupaten Malang.

ABSTRACT

Roads are land transportation infrastructure that includes all parts of roads, including supporting buildings and equipment used for traffic, which are on the ground, above ground, over water, or underground and water, except railways, truck roads , and cable roads (Government Regulation No. 34 of 2006). Road drainage is the process of drying or removing excess water in an area, including surface water and water below the ground surface. There is a decrease in the suitability quality of the flexible pavement on the Krebet - Gondanglegi road, Malang Regency, especially parts of the road surface experiencing damage in the form of cracks, wear and holes which can cause water pooling during the rainy season. Rainwater runoff on this road section is not well conditioned because there is no adequate drainage channel which results in water pooling on the road section when it rains. So road improvements are needed in the form of overlays or increasing the thickness of the surface layer using LHR (Average Daily Traffic) data and deflection data as data which is then calculated using the 2017 MDPJ method, while drainage planning uses the RAPS method to determine rainfall consistency tests, analysis Log Person III method to determine maximum rainfall, calculates the planned discharge with the condition that the value (Qr) must be the same as the existing discharge (Qeks). From the results of the calculation you can determine the dimensions of the drainage channel capacity.

Keywords: Road damage, Overlay, Drainage, Malang Regency.


References


Febriansyah, F. D., Rokhmawati, A., & Ingsih, I. S. (2023). Studi Analisis Pemilihan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Dan Perkerasan Lentur (Flexible Pavement) Berdasarkan Life Cycle Cost Analysis Kabupaten Pasuruan (Ruas: Jalan Sukorejo Bangil). Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal), 13(2), Article 2.

Pratama, M. Y. A., Noerhayati, E., & Warsito, W. (2021). Analisis Kapasitas Saluran Drainase Di Kecamatan Sukun Menggunakan Program Aplikasi ArcGIS. Jurnal Rekayasa Sipil (e-Journal), 9(2), Article 2.

Prayugo, Y. S., Warsito, W., & Rachmawati, A. (2019). Studi Peningkatan Jalan (Overlay) Pada Ruas Pamekasan-Sumenep Madura, KM. 138+900- KM. 148+000 Dengan Perkerasan Lentur. Jurnal Rekayasa Sipil (e-Journal), 6(1), Article 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA