ANALISIS PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN PEMELIHARAAN RUAS JALAN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Francyska Millenia Petrycia, Warsito Warsito, Anang Bakhtiar

Abstract


ABSTRAK
Di Kabupaten Tulungagung, infrastruktur jalan masih banyak ditemukan kurang memadai, mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat, dan masih digunakan cara manual dalam mengambil keputusan perbaikan jalan melalui laporan warga. Pada analisis prioritas pemeliharaan jalan ini membahas hasil skala prioritas yang diberikan dalam pemilihan pemeliharaan jalan di Kabupaten Tulungagung dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan software expert choice v11 yang diberikan kepada 12 responden terpilih yang mengikuti proyek pemeliharaan jalan di Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penentuan prioritas pemeliharaan jalan di Kabupaten Tulungagung dipengaruhi oleh kriteria kerusakan jalan, jenis permukaan jalan, alokasi anggaran, volume lalu lintas, dan tata fungsi guna lahan. Sehingga diperoleh bobot urutan prioritas pada urutan pertama yaitu Jalan Raya Panjerejo-Rejotangan (0,172), kemudian pada urutan selanjutnya yaitu Jalan Raya Popoh-Neyama (0,161), Jalan Raya Panjerejo-Kalidawir (0,148), Jalan Raya Pucung Kidul (0,140), Jalan Demuk (0,136), Jalan Sri Tanjung-Sambidoplang (0,130), dan Jalan Moh. Yamin-Kendalbulur (0,144). Sesuai dengan hasil penelitian, maka kepada pemerintah Kabupaten Tulungagung disarankan pada ruas jalan Raya Panjerejo-Rejotangan untuk dilakukan penanganan pemeliharaan jalan terlebih dahulu, kemudian jalan Raya Popoh-Neyama, dan jalan Raya Panjerejo-Kalidawir untuk penanganan pemeliharaan ruas jalan selanjutnya.
Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP), Expert Choice. Pemeliharaan Jalan
ABSTRACT
In Tulungagung Regency, it is often found that there is a lot of inadequate road infrastructure ranging from light damage to heavy damage and in making decisions about selecting road repairs, manual methods are still used through reports from residents. In this analysis of determining road maintenance priorities, we discuss the results of priority scale recommendations in selecting road maintenance in Tulungagung Regency using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method and expert choice software given to 12 selected respondents involved in road maintenance project activities in Tulungagung Regency. using purposive sampling technique based on research needs. The result of the research show that determining priorities for road maintenance in Tulungagung Regency is influenced by road damage criteria, road surface type, budget allocation, traffic volume, and land use functions. So that the priority order weights are obtained in the first place, namely Panjerejo-Rejotangan highway (0.172), then in the next order, namely Popoh-Neyama highway (0.161), Panjerejo-Kalidawir highway (0.148), highway Raya Pucung Kidul (0.140), highway Demuk (0.136), Sri Tanjung-Sambidoplang highway (0.130), and Moh. Yamin-Kendalbulur highway (0.144). In accordance with the research results, the Tulungagung Regency government advised the Panjerejo-Rejotangan highway to handle road maintenance first, then the Popoh-Neyama highway, and the Panjerejo-Kalidawir highway to handle maintenance on the next road section.
Keywords : Analytical Hierarchy Process (AHP), Expert Choice, Road Maintenance


References


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung. (2018). Data dan Statistik Ekonomi Kabupaten Tulungagung. Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Sushera, V., Rohman, M. A., & Gde Kartika, A. A. (2019). Analisis Prioritas Pemeliharaan Jalan Kabupaten Karanganyar Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Transportasi: Sistem, Material, dan Infrastruktur, 1(2), 95.

Tranggono, Moch. (2005). Teknik Pengelolaan Jalan Seri Panduan Pemeliharaan Jalan Kabupaten. Balai Bahan dan Perkerasan Jalan - Puslitbang Prasarana Transportasi.

Usman, D., Warsito, & Rokhmawati, A. (n.d.). Analisa Tigkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index ( PCI ) Dan Pemetaan Berbasis Arcgis Pada Ruas Jalan Raya Tangkil – Jalan Raya Wlingi Kabupaten Blitar.

Zariah, H. A., Noerhayati, E., & Bakhtiar, A. (n.d.). Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Bina Marga 2017 Pada Ruas Jalan Waibangga, Nusa Tenggara Timur (Sta 0+000 – Sta 10+000).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA