STUDI EVALUASI KERUSAKAN JALAN WAGIR GUNUNG KAWI KABUPATEN MALANG MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX)

Muhammad Muinuddin Al ghozali, Azizah Rokhmawati, Ita Suhermin Ingsih

Abstract


Kondisi perkerasan yang mengalami kerusakan lebih cepat dari umur rencana, selain akan mengganggu pengguna jalan juga mengakibatkan pengeluaran daerah lebih besar karena harus melakukan perencanaan ulang dalam waktu yang lebih sering. Tujuan dri penelitian ini yaitu mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Wagir – Gunung Kawi berdasarkan metode PCI juga mengetahui nilai PCI pada ruas jalan Wagir – Gunung Kawi berdasarkan metode PCI serta  biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan atau pemeliharaan ruas jalanWagir – Gunung Kawi. Data yang diperlukan pada studi ni adalah data jenis dan tingkat kerusakan jalan (Volume Kerusakan), Dokumentasi jalan, nventarisasi jalan, gambar layout lalan dam data perkerasan jalan yang ada. Perhitungan yang digunakan dalam studi ni yaitu  menghitung density, menghitung deduct value, menghitung alowebel maximum, menghitung total deduct value, menghitung corrected deduct value, menghitung nilai PCI dan penentuan penanganan kerusakan. Hasil dari penelitian ini Jenis kerusakan yang terjadi pada lokasi penelitian meliputi kerusakan Photoles (Lubang) 12,14%, EdgeCracking (Retak pinggir) 5,06%, Aligator Cracking (Retak buaya) 17,02%, Patching utility cut putching (Tambalan) 22,11%, Long and trans cracking (Retak memanjang melintang) 2,22%, Block cracking (Retak blok) 6,60%, Rutting (Alur) 0,07%, Raveling (Pelepasan Butiran) 20,54%, Shoving (Sungkur) 0,04%, Polished agregate (Pengausan) 8,01%, Depression (Amblas) 0,07%, Shoulder Drop Off (Penurunan Bahu Jalan) 6,12%, Kemudian angka tertinggi kerusakan sebesar 71 pada segmen 78 STA 6+850-6+900 dengan kondisi Very Good (Sangat Baik), sedangkan angka terendah kerusakan sebesar 22 pada segmen 169 STA 11+400-11+450 dalam kondisi Very Poor (Sangat Jelek), Dan Hasil dari penilaian kondisi kerusakan menggunakan metode PCI nilai kondisinya sebesar 47,5 termasuk dalam penanganan pemeliharaan berkala jalan sedangkan biaya perbaikan yang diperoleh dari hasil perhitungan sesuai AHSP Kabupaten Malang adalah sebesar Rp. 567.473.550,00.

Kata Kunci: pavement condition indexs (PCI), Kerusakan Jalan, Kabupaten Malang.

Pavement conditions that experience damage faster than the design life, apart from disturbing road users, also result n greater regional expenditure due to having to re-plan more frequently. The aim of this research is to find out the type of damage that occurs on the Wagir - Gunung Kawi road section based on the PCI method and also to find out the PCI value on the Wagir - Gunung Kawi road section based on the PCI method and the costs needed to repair or maintain the Wagir - Gunung Kawi road section.. The data required n this study s data on the type and level of road damage (Volume of Damage), road documentation, road nventory, road layout drawings and existing road pavement data. The calculations used n this study are calculating density, calculating deduct value, calculating maximum allowance, calculating total deduct value, calculating corrected deduct value, calculating PCI value and determining damage handling. The results of this research. The types of damage that occurred at the research location ncluded photoles damage (holes) 12.14%, edge cracking (edge cracks) 5.06%, alligator cracking (crocodile cracks) 17.02%, patching utility cut putting (patches). 22.11%, Long and trans cracking (Longitudinal transverse cracks) 2.22%, Block cracking (Block cracks) 6.60%, Rutting (Grooves) 0.07%, Raveling (Grain Removal) 20.54%, Shoving (Sungkur) 0.04%, Polished aggregate (Wear) 8.01%, Depression (Subside) 0.07%, Shoulder Drop Off (Decrease n Road Shoulder) 6.12%, Then the highest number of damage was 71 in the 78 STA segment 6+850-6+900 in Very Good condition, while the lowest number of damage was 22 in segment 169 STA 11+400-11+450 in Very Poor condition, and the results of assessing the condition of damage using the PCI value method the condition is 47,5 including handling road improvements while periodic maintenance costs obtained from the calculation results according to the Malang Regency AHSP are IDR. 567.473.550.

Keywords: pavement condition indexs (PCI), Road Damage, Malang Regency.



References


Dharmawan, ery, bambang suprapto, and azizah rachmawati. 2020. “Analisa kerusakan perkerasan lentur (Flexible pavement) pada ruas jalan pacing-Pacet kabupaten mojokerto dengan metode 1 pavement condition index (PCI).” jurnal rekayasa sipil (E-Journal) 8 (6): 449–63.

Israil, israil, warsito warsito, and eko noerhayati. 2022. “Studi penelitian perbaikan tanah dengan metode vertical drains untuk penanggulangan kerusakan jalan dan bangunan rumah di desa sukodono, kecamatan dampit, kabupaten malang.” jurnal rekayasa sipil (E-Journal) 12 (2): 34–44.

Putra, kurnia hadi, ita suhermin ingsih, and rizky firmansyah. 2022. “RIGID pavement design for the jawar road surabaya city with manual design of road pavement 2017.” journal innovation of civil engineering (JICE) 3 (1): 44–51.

Saputra, krisna wahyu alvi, azizah rokhmawati, and anita rahmawati. 2022. “Studi perencanaan perkerasan lentur jalan jalur lintas selatan (Jls) lot9 kabupaten malang.” jurnal rekayasa sipil (E-Journal) 12 (1): 80–92.

Shiddiqi, moh aldien, azizah rokhmawati, and ita suhermin ingsih. 2023. “STUDI evaluasi pengaruh median pada ruas jalan raya diponegoro kabupaten sampang.” jurnal rekayasa sipil (E-Journal) 13 (2): 452–61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA