Studi Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah Domestik Dengan Menggunakan Metode ABR Di Perumahan Tuban Akbar, Kota Tuban

Ilmansyah Al Zuhdi, Eko Noerhayati, Anita Rahmawati

Abstract


Meningkatnya aktivitas manusia, perubahan tata guna lahan, dan semakin beragamnya gaya hidup masyarakat perkotaan yang menghasilkan limbah rumah tangga semakin meningkatkan polutan dari waktu ke waktu. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa memberikan alternative/solusi dalam pemecahan masalah pembungan air limbah terutama untuk daerah Perumahan Tuban Akbar dan sekitarnya. Data yang diperlukan pada studi ini adalah data jumlah penduduk dan site plan, data penggunaan air bersih (PDAM Tirta Dharma), air limbah untuk di uji laboratorium. Perencanaan yang digunakan dalam studi ini menggunakan IPAL ABR  sesuai SNI 8455:2017 dengan perhitungan dimensi grase trap, dan perhitungan pipa inlet dan outlet. Hasil dari penelitian ini debit air kotor pada Perumahan Tuban Akbar  yaitu Lokasi 1= 133,688 m3/hari, Lokasi 2 = 113,150 m3/hari. Kondisi air limbah domestik di Perumahan Tuban Akbar tergolong kurang baik karena kualitas BOD, COD, TSS, Minyak dan lemak tidak sesuai dengan baku mutu yang diharapkan. Kondisi air limbah domestik setelah dilakukan pengolahan mengalami penuruan pada Lokasi 1 BOD sebesar 34,29 mg/L, COD sebesar 174,28 mg/L, TSS sebesar 180,6 mg/L, sedangkan untuk Lokasi 2 mengalami penurunan BOD sebesar 36,1 mg/L, COD sebesar 182,32, TSS sebesar 180,6 mg/L.

Kata Kunci: Anaerobic Baffled Reactor (ABR), Air Limbah, Pipa Inlet dan Outlet.


References


Abdi, Chairul. 2019. “Perencanaan Bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Komunal Domestik Dengan Proses Anaerobic Baffled Reactor (Abr) Pada Asrama Pon-Pes Terpadu Nurul Musthofa Di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.”

Agustiningsih, Dyah. 2012. “Kajian Kualitas Air Sungai Blukar Kabupaten Kendal Dalam Upaya Pengendalian Pencemaran Air Sungai.” Program Magister Ilmu Lingkungan Undip.

Fandi, Dius Fahmi, Eko Noerhayati, and Anita Rahmawati. 2023. “STUDI PERENCANAAN DESAIN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DOMESTIK DI PERUMAHAN DENGAN SISTEM ANEROBIC BAFFLED REACTOR (Studi Kasus: Perumahan Permata Bonang, Kota Tuban).” Jurnal Rekayasa Sipil (e-Journal) 13 (1).

Götzenberger, Jens. 2009. “Decentralized Wastewater Treatment System (DEWATS)”.” Praxis-Oriented Training Manual. Bremen: BORDA.

Kurnianingtyas, Erlina, Agus Prasetya, and Ahmad Tawfiequrrahman Yuliansyah. 2020. “Kajian Kinerja Sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal.” Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL) 5 (1): 62–70.

Sunarsih, Lilis Endang. 2018. Penanggulangan Limbah. Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA